YOHANES MARIA VIANEY

 RENUNGAN HARIAN 

Tgl 4 Agustus 2020

 Hari ini kita mperingati st Yoh Maria Vianey. Masa mudanya susah, dan sekolahnya tersendat-sendat, karena kecerdasannya rendah sekali. Nilai raportnya serba kurang (merah). Namun kesalehan dan kesungguhannya utk melayani sesama amat luar biasa. Dg susah payah dia mengikuti pendidikan di seminari. Setelah ditahbiskan imam, uskup "menyembunyikan" dia di tempat terpencil ( di Ars) spy tidak berbuat salah.  Ternyata Tuhan berkarya melalui imam sederhana dan saleh itu. Banyak org mcari dia, minta nasehat, mengakui dosa2nya. Paus Pius XI menyatakan dia sbg santo dan pelindung para pastor paroki. 

 Dalam Yeh 3: 16-21 diwartakan Allah yg meminta kpd setiap org: 1. Bila melihat / mengetahui org melakukan kejahatan, dan kamu tidak memperingatkan dia, dan dia mati dalam dosanya, AKU akan menuntut pertanggungjawaban kpdmu. 2. Bila melihat / mengetahui org melakukan kejahatan, dan kamu sudah mperingatkan dia, namun dia nekad tetap berbuat dosa, dan mati dalam dosanya, kamu menyelamatkan nyawamu. 

 Dalam Mat 9: 35-10: 1 diwartakan Yesus yg berkeliling ke mana-mana, dan melayani banyak org. Dia butuh tenaga yg banyak agar mrk terlayani. Itulah sebabnya Dia bersabda: "Panenan memang banyak namun pekerja hanya sedikit. Sebab itu mintalah kpd Tuan Panenan spy Dia mengutus pekerja2 utk tuaian itu". 

 Apa hikmah yg dpt kita petik:

 1.     St Yoh Vianey mberi kesaksian bhw klo Tuhan mau "yg bodoh dan tidak pantas bagi dunia, telah dipilih menjadi alatNya utk menghadirkan kasihNya".  Dia dicari oleh org kaya, orang berkihmat dan berpendidikan tinggi, orang berdosa dan orang yang berbeban berat. Ternyata kekayaan, hikmat, kepandaian dan kepopuleran, kenikmatan duniawi, tidak menjamin adanya kebahagiaan. Yoh Vianey telah mbuktikan bhw kesetiaan, kesalehan serta kerendahan hati, ketulusan, kejujuran dan sukacita karena Tuhan dan dalam kdekatan dgn Dia adalah kunci kebahagiaan. 

2.      Mengingatkan org berdosa spy bertobat adalah "tugas perutusan yg diberikan kpd semua org / kpd kita"....bukan hanya tugas dr para guru agama, pemuka agama: romo, bruder dan suster.  Dlm hidup sehari-hari sebetulnya orgtua, guru, ketua lingkungan, pak RT, polisi, dokter dll telah melaksanakannya. Namun, agar peringatan itu "joss dan ada pengaruhnya" dibutuhkan teladan hidup dr pribadi2 tsb.  

3.     Yesus mbutuhkan tenaga utk melanjutkan karya pelayananNya yaitu mengantar org kpd Allah. Klo bpk presiden / gubernur / bupati minta anak bpk / ibu utk jadi staf khusus, permintaaan itu dijawab dg segera dan disyukuri  luar biasa. Namun.... apa sebabnya orgtua "tidak merelakan / mendorong anaknya utk menjawab permintaan Tuhan itu ?  

 Marilah kita menyadari hal itu.. dan membuka hati, pikiran dan "membuat niat dan tekad" utk mdorong anak / kemenakan / OMK spy mau menjadi "sdm" nya Yesus. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer