CUKUP

 RENUNGAN HARIAN 

TGL 12 OKT 2020

 (Gal 4: 22-24.26-27.31-5:1) Paulus menegaskan bhw Abraham punya 2 anak. Yg pertama (Ismail) lahir dari perempuan yg menjadi hambanya, dan yg kedua lahir dari perempuan merdeka. Anak yang kedua ini adalah anak perjanjian. 

 Kedua perempuan itu adalah lambang dari 2 ketentuan Allah: yg satu dari gunung Sinai (=melahirkan anak2 perhambaan) dan yg lain dr Yerusalem (=melahirkan anak2 merdeka).  Kita adalah anak2 merdeka sebab Kristus telah memerdekakan kita, spy kita benar2 merdeka. 

 Lukas (Luk 11:29-32) mencatat kata2 Yesus yg menegaskan:"Angkatan ini adalah angkatan yg jahat. Mrk menuntut tanda, namun tidak akan diberi, selain tanda nabi Yunus. 

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1.  Abraham punya 2 anak (Ismael dan Ishak). Mrk lahir dari 2 perempuan yg berbeda, yg 1 perempuan hamba dan yg lain perempuan merdeka namun keduanya adalah lambang 2 ketentuan Allah.  Allah yg menentukan tugas / peran mrk, namun keduanya adalah manusia ciptaanNya. 

 Di hadapan Allah, hamba atau org merdeka bukanlah yg terpenting, karena kedgudukan sbg "hamba" atau "orang merdeka" adalah "peran / tugas". Maria menyebut diri hamba Tuhan.  Yesus yg sdg bersengsara, kita sebut "Hamba Yahwe yg mderita".  Dalam iman kpd Yesus, menjadi hamba bukan berarti "menjadi budak" yg tidak punya harga apa pun, tetapi org yg mau melayani dg tulus dan rendah hati karena kasih. 

 Paulus hendak menegaskan bhw org yg hidup dlm dosa adalah hamba dosa. Maka, semua diajak utk memerdekakan (melepaskan / menjauhkan) diri dari cengkeraman dosa. 

 2. Angkatan ini adalah angkatan yg jahat karena mrk memaksa Allah utk memenuhi kehendak mrk: minta tanda yg lain lagi. Padahal, Yesus sbg Anak Allah, sudah merupakan tanda yg terbesar karena jauh lebih Yunus. 

 Manusia memang tidak akan mudah puas... karena keinginannya banyak dan tidak pernah habis.  Sbg org beriman, baiklah kita berani utk mengatakan "cukup" dan mengucap syukur atas semua yg telah diberikan kpd kita. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer