MENGELUH DAN MENUNTUT

 RENUNGAN HARIAN 

Tgl 24 Okt 2020

 Paulus (Ef 4: 7-16) kpd umatnya menegaskan: " Kepada kita telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus". Siapakah Kristus itu ? 

 Dia yang telah turun (ke dunia) dan naik jauh lebih tinggi dari pada semua langit, untuk memenuhkan segala sesuatu. Dan Ialah yang memberi rasul2,  nabi2,  pewarta2 Injil,  gembala2  dan pengajar-2 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pelayanan, dan pembangunan tubuh Kristus. 

  Dari Dialah seluruh tubuh menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih. 

 Lukas ( Luk 13: 1 - 9 ) mewartakan bhw Yesus kedatangan org2 yg mbawa berita ttg Org2 Galilea yg dibunuh Pilatus dan darah mrk dicampurkan dg darah hewan persembahan".  Inilah jawaban Yesus: "Sangkamu  mrk ini lebih besar dosanya dari pada dosa semua orang Galilea yang lain ? 

 Atau sangkamu 18 orang, yang mati ditimpa menara dekat Siloam, lebih besar kesalahannya dari pada kesalahan mrk yang diam di Yerusalem? Tidak! kataKu kepadamu. Jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian." 

 Lalu Yesus berkata: "Seorang mempunyai pohon ara  dan  mencari buahnya, tetapi ia tidak menemukannya. Lalu ia berkata kpd penjaga di sana: Sudah 3th  aku mencari buahnya tetapi tdk ada. Tebanglah pohon ini!  Percuma saja ia hidup di tanah ini.  Jawab orang itu: Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memupuknya mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!" 

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Kita diberi karunia oleh Allah, tanpa kita minta. Artinya pemberian itu dilakukan atas kehendak dan prakarsa Allah sdiri. Betapa baiknya Allah kita. Hendaknya kita tergerak hati utk mberi apa yg baik bagi sesama dg rela hati dan atas inisiatif kita sdiri.  

 2.  Kristus telah turun ke dunia, naik ke surga, mberikan nabi2, rasul2 dan pengajar2 utk melengkapi para kudus bagi pelayanan dan pembangunan TubuhNya.  Hendaknya kita yg telah mengalami kebaikan Allah yg luar biasa melalui Kristus dan sesama, terdorong utk bersyukur drpd mengeluh dan menuntut. 

 3.  Tuhan Yesus mengajak kita utk TIDAK MBANDING - BANDINGKAN siapa yg banyak dosanya / sengsara nasibnya / buruk ekonominya / reyot rumahnya dg "situasi kita saat ini".  Manusia cenderung menunggu / bilang kasihan... padahal Tuhan mcari org2 yg siap "menolong org2 yg terpuruk" spt penjaga pohon ara. 

 Semoga hati, pikiran,  tangan dan raga kita, menjadi penerus kasih yg nyata dlm tindakan bagi sesama yg terpuruk dan sudah lama tidak menghasilkan buah Amin. ( Mgr Nico Adi MSC).

Komentar

Postingan Populer