DAPAT DIPERCAYA

 RENUNGAN  HARIAN 

Tgl 4 Sept 2020

 Paulus mberikan penegasan dan nasehat kpd umatnya (1Kor 4: 1-5): "Hendaklah org memandang kami sbg hamba Allah dan pengurus rahasia Allah. Yg dituntut dr para pengurus adalah bhw mrk nyata2 bisa dipercaya". Allah adalah hakim yg akan mengadili org sesuai dg perbuatannya. 

 Dalam Luk 5: 33 - 39 org2 Farisi dan ahli2 taurat bertanya kpd Yesus: "Murid2 kami berpuasa, mengapa murid2Mu tidak".  Jawab Yesus:"Ketika pengantin tidak bersama-sama mrk, mrk berpuasa". 

 Hikmah yg kita petik: 

 1.  Banyak org pintar, rajin, sopan, punya banyak pengalaman dan ilmunya tinggi. Kita butuh mereka itu utk kemajuan / perkembangan pribadi, komunitas, lembaga dll. 

 Namun kita lebih butuh "org2 yg dpt dipercaya"... karena di tangan mrk bisa diletakkan dasar (visi-misi, tujuan dan strategi) lembaga, juga pengelolaan dan dinamikanya. Org2 demikian akan berjuang spy visi-misi itu tetap hidup, dijaga dan dikembangkan utk jangka waktu yg tidak terbatas.   Di dalam dirinya tidak ada keinginan dan kemauan utk menyelewengkan apa yg diserahkan kpdnya. Ia / mereka akan mberikan laporan dan pertanggungjawaban kpd tuannya pada waktunya, dengan sukacita.

 2. Yesus memahami bhw puasa itu punya nilai penting dlm rangka pengudusan diri. Suasana puasa di masyarakat dan andil pribadi utk "menciptakan ketenangan batin" selama berpuasa juga penting. Spy pelaksanaan puasa, betul2 terjamin ada aturan yg diterapkan.  Org Farisi menerapkannya secara keras dan kaku. 

 Yesus (Sang Guru Utama) mberikan pencerahan / pengajaran kpd mrk: Ketika org dlm perjalanan, sdg sakit, ada tamu / pesta, Yesus mberikan ijin bagi tuan pesta / tuan rumah dan para tamu utk TIDAK BERPUASA, pada saat itu. Puasanya diganti / dipindahkan ke hari yg lain. 

 Uskup2 Indonesia telah mberikan arahan kpd kita spy tidak mbatalkan puasa, tetapi memindahkan ke hari yg lain. Misalnya ketika IMLEK jatuh pd hari RABU ABU. Mrk yg merayakan boleh syukuran, puasanya diganti hari Kamis atau hari lain.  

 Jalan keluar spt itu merupakan bukti kasih Allah kpd manusia. Allah melalui para gembala umat-Nya, hadir , menanggapi dan peduli pd kehidupan mereka. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer