TANDA T

 RENUNGAN HARIAN

Tgl 12 Agust 2020

 Hari ini Yeh 9: 1-7. 10:18-22 diceritakan bhw Allah bersabda: "Datanglah kemari hai, para penghukum Yerusalem dan bawalah masing2 alat pemukul".  Ada 1 di antara mrk yg berpakaian lenan, dan mbawa alat tulis. Dia akan mberi tanda T di dahi org2 yg bersedih atas kekejian yg terjadi di sana. Org2 yg tanpa tanda T akan dibinasakan.

 Mat 18: 15 - 20 mewartakan Yesus yg sedang mengajar murid2Nya:"Bila sdrmu berbuat dosa tegurlah dia di bawah 4 mata. Klo dia melawan, bawalah seorang / dua org yg lain. Klo belum mau mdengarkan, bawalah soal itu kepada Jemaat".  Dia juga menegaskan: "Klo 2 org sepakat meminta apa pun, permintaan itu akan dikabulkan BapaKu yg di surga". 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Melalui nabiNya Tuhan menyatakan bhw org2 baik diberi tanda T (huruf terakhir abjad Ibrani ) yg artinya org itu terhindar dari kematian. Kebaikan itu bukan diberikan Tuhan tetapi usaha / perjuangan masing2 org tiap2 hari sepanjang hidupnya. Kebaikan itu adalah kualitas pribadinya. 

 Maka, ketika Tuhan menyuruh utusanNya mengadakan pengecekan (= akreditasi / ujian tingkat kepribadian ),  org2 baik itu lulus dan kemudian  diberi sertifikat T (=  Tamat ). Yg tidak diberi T artinya gugur / gagal (mati).  Jadi, kegagalan / kematian itu bukan disebabkan oleh Tuhan tetapi oleh tindakannya sdiri karena TIDAK BERBUAT BAIK.  Hakim / malaikat / bisa juga st Petrus sebetulnya hanya menegaskan bhw org itu gagal / gugur / mati. 

 Maka, berbahagialah kita yg diberitahu bhw spy sukses utk masuk ke dalam kerajaan Surga ( Yerusalem Baru ) yg dibutuhkan adalah PERBUATAN BAIK yg dilakukan dg kasih yg tulus.

 2. Tuhan Yesus tidak serta merta menjatuhkan hukuman kpd org berdosa:" ...tegurlah di bawah 4 mata klo org itu melawan, bawalah seorang atau 2 org lain". Tahapan2 pertobatan ditawarkan.   Yesus tidak emosional.... namun selalu menunjukkan belas kasih dan simpati yg besar. Hendaknya para pengikut Yesus lebih mengedepankan belas kasih daripada nafsu marah atau kesempatan utk balas dendam.

 3.  Betapa baiknya Yesus menunjukkan jalan / strategi pengabulan doa: "Klo 2 org sepakat utk meminta sesuatu, permintaan itu akan dikabulkan BapaKu".   Marilah kita dg penuh kasih dan simpati menunjukkan jalan kpd sesama kita agar mrk hidup bahagia. 

 "Berbahagialah org yg mbawa damai, sebab bagi mrklah Kerajaan Allah". Amin. (Mgr Nico Adi MSC)..

 

Komentar

Postingan Populer