TAKUT AKAN ALLAH

 RENUNGAN HARIAN 

Tgl 20 Agustus 2020

 Hari ini kita mperingati st Bernardus, imam dan pujangga gereja. Beliau diutus utk mdasari biara Clirvaux - Perancis bersama 12 rahib. Cara hidup dan karyanya mengungkapkan semangat kotemplasi dan doanya. Dia dikenal sbg pewarta, pembawa damai dan penegak kebenaran.  Pandangan2nya dan kotbah sangat mempengaruhi kehidupan umat beriman utk melawan ajaran sesat pd waktu itu. Beliau lahir th 1090 dan  wafat th 1153.

 Dalam Sir 15: 1-6  diwartakan bhw "org yg takut akan Allah, melakukan kebajikan, dan org yg melekat pd Taurat mperoleh kebijaksanaan. Kebijaksanaan mberi dia makanan pengertian, dan mberi minum air kebijaksanaan". 

 Injil Yoh 17: 20 - 26 mencatat YesuS mdoakan murid2-Nya: "Ya Bapa yg kudus, bukan utk mrk saja Aku berdoa, tetapi juga utk org2 yg percaya kpdKu karena pberitaan mrk". 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.  Bernardus diutus utk mdasari biara Clairvaux bersama dg 12 rahib. Tidak pernah Tuhan Yesus mengutus org2Nya hanya sendirian utk melakukan pelayanan. Dia pasti mberi dia teman / rekan sekomunitas, prodiakon, kaum awam, katekis dll. Maka, patutlah kita bersyukur atas anugerah itu, sekaligus berkewajiban utk memupuk, mengembangkan persaudaraan, kesetiaan, bela rasa dan solidaritas dg mrk.

 2. Org yg takut akan Allah melakukan kebajikan... bukan karena terpaksa, namun karena dorongan kasih. Org "takut" kpd Allah bukan karena telah melakukan kesalahan, tetapi karena "sikap hormat dan terima kasih karena sudah lebih dulu dikasihi Allah".  Kasih itu mdorong dia utk mbagi dan meneruskannya kpd org lain. 

 3. Yesus mdoakan org2 yg percaya kpdNya karena pewartaan para rasul dan pengganti2 mrk.  Kita pun didoakan Yesus. Pantaslah kita bersyukur atas perhatian dan kepedulian Yesus kpd kita. Sbg balasannya marilah kita peduli pada sesama yg ada di sekitar kita. Amin. (Mgr Nico Adi MSC)..

 

Komentar

Postingan Populer