SABDA ITU BERBICARA

 RENUNGAN HARIAN 

Tgl 16 Okt 2020

 Kepada umat di Efesus (Ef 1: 11-14) Paulus mewartakan: "Dalam Kristus, kami ndapat bagian yg dijanjikan Allah yaitu "menjadi pujian bagi kemuliaanNya", kami mdengar Sabda Kebenaran, dan dimeteraikan dgn Roh Kudus. Roh Kudus ini menjamin bhw kita adalah milik Allah". 

 Dalam Luk 12: 1-7, Lukas mencatat bhw ada ribuan org yg mdengarkan pengajaran Yesus. Ia mperingatkan mrk itu:"Waspadalah terhadap ragi yaitu kemunafikan org Farisi". Yg tertutup akan dibuka, dan yg tersembunyi akan diketahui. Janganlah takut kpd mrk yg mbunuh tubuh, tetapi takutilah Dia yg berkuasa mbunuh tubuh dan melemparkan org ke dlm neraka. Kamu lebih berharga drpd burung2 pipit". 

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Paulus yakin akan hal ini: "Dlm Kristus kami mdapat bagian yg dijanjikan Allah", karena dia sdiri mengalaminya. Pengalaman adalah kekuatan, modal dan batu dasar utk menjadi semakin kuat utk beriman dan percaya akan kebaikan Allah.  Pengalaman tidak bisa dibeli dan hanya bisa didapatkan dg praktek langsung oleh org itu.  Bgmn caranya ? 

 Duduklah tenang dan rileks, bacalah kutipan kitab suci bagian apa saja. Bacalah pelan-pelan 2 - 3 x.  Tutuplah mata anda. Coba ingat2 lagi apa yg baru saja anda baca.  Biarkan sabda itu berbicara.... Kata2 apa saja yg mengesan ? 

 Kata itu mdorong anda utk berbuat / melakukan apa, utk anda sdiri dan org lain. 

 Buatlah keputusan utk melakukan dorongan yg baik itu, sbg wujud nyata atas apa yg dijanjikan Allah. 

 Dg melakukan itu, org itu bahagia, org lain diselamatkan dan Allah dimuliakan. 

 2. Yesus menasehati umatNya utk peka dan waspada pada "kemunafikan" (=kelihatannya baik, sopan, ramah, setia namun sesungguhnya di dalamnya ada kebohongan, kejahatan dan kepalsuan).

 Org2 yg demikian ini, bisa dan biasa bermulut manis, namun tidak bisa dipercaya. Yg dihasilkan adalah penderitaan, kegagalan dan kehancuran. 

 Sifat / perbuatan munafik pada suatu ketika akan diketahui org lain juga. Mungkin org berbuat begitu (bersikap munafik), karena takut kpd org2 yg sering melakukan tindak kekerasan (=mbunuh).  Yesus mberi penegasan mrk hanya bisa mbunuh tubuh, namun tidak berkuasa atas hidup sesudah kematian. Maka, jangan mudah menyerah kpd mrk. Lawanlah mrk, dan tetaplah berbuat baik, shg dia pantas disebut anak Allah yg setia dan bila saatnya tiba menerima kebahagiaan surga. 

 

Marilah kita bersyukur bhw kita diperkenankan utk menjadi saksi Kristus dlm menghadapi banyak tantangan (=kemunafikan, ketertutupan, ketidaksetiaan, dll)  selama hidup di dunia ini.  Amin. ( Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer