HADIR

 RENUNGAN HARIAN

Tgl 15 Sept 2020

 PERINGATAN MARIA BUNDA BERDUKACITA. Banyak sekali penderitaan yg dialami Maria dalam karya agung Allah bagi umat manusia. Maria menyertai Yesus smp di bawah salib. Itulah sebabnya, dia disebut Mater Dolorosa (Bunda Dukacita). Ada 7 dukacita yg dialami Bunda Maria. 

 Surat Ibr 5: 7 - 9  mewartakan :"Dalam hidupNya sbg manusia, Kristus telah mpersembahkan doa dan permohonan dg ratap tangis dan keluhan kpd Dia yg dpt melepaskan Dia dari maut. Ia belajar taat, dan kemudian menjadi Pokok Keselamatan bagi org yg percaya kpdNya". 

 Lukas (Luk 2: 33-35) mewartakan Simeon mberkati Maria ( ibu Yesus ) sambil berkata: "Anak ini ditentukan utk menjatuhkan dan mbangkitkan banyak org di Israel.. dan suatu pedang akan menembus jiwamu sendiri, spy menjadi nyata pikiran hati banyak org". 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.  Maria menyertai Yesus smp di bawah salib. Tidak ada org yg mengarahkan / memaksa dia utk berbuat demikian. Maria melakukannya dg penuh kesadaran dan tg jawab karena dia pernah berjanji: "Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanMu". 

 Maria tidak memilih yg ringan, menarik, penuh pujian dan gemerlapan, tetapi yg penuh kesulitan, pengorbanan dan bela rasa.  Dia ada di tempat org mbutuhkan tenaga, pikiran, kehadiran dan keibuannya.  Lewat semuanya itu, Maria mencapai kemuliaannya.  Semoga kita semua meneladan bunda Maria, yaitu mengerjakan hal-hal yang kecil dan tidak menarik, dgn  gembira hati.  Dengan senang hati juga kita membantu orang-orang yang sedang dalam kesulitan, bahkan rela hadir di antara mereka.

 2.  Yesus belajar taat kpd BapaNya karena telah mengalami sdiri "apa arti ketaatan dari Maria - ibunya. Dia melihat ibunya sebagai ibu RT dan warga masyarakat yang saleh dan setia kepada suaminya. Di dalam keluarga itulah, Dia berkembang hikmatNya dan makin dikasihi Allah dan manusia. Hendaknya keluarga / komunitas / paguyuban / lembaga-2 menjadi tempat bertumbuh dan berkembangnya putra-putri jaman yang dikasihi Allah dan manusia.

 3.  Simeon mberkati Maria sebelum mengatakan bhw "Yesus akan menjadi 'hakim' bagi Israel dan tanda perbantahan bagi banyak org". 

 Maria sebelum menjadi tanda perbantahan diberkati lebih dulu oleh Simeon. Berkat Tuhan itu penting bagi kehidupan org2 dekat / diminta melayani Tuhan (= utusanNya).  Maka hendaknya sebelum melakukan tugas / aktivitas, baiklah memohon berkat dan kekuatan Allah. Amin.  (Mgr Nico Adi MSC)

 

Komentar

Postingan Populer