SEMUA KALANGAN

 RENUNGAN HARIAN

Tgl 3 Okt 2020

 Ayub (Ayub 42: 1-3.5-6.12-16 ) berkisah ttg pengalaman dirinya dg Tuhan: "Aku tahu bhw Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tak ada rencanaMu yg gagal. Tanpa pengertian aku telah bercerita ttg hal2 yg sangat ajaib bagiku, dan yg tidak kuketahui. Hanya dari kata org saja aku mdengar ttg Engkau, namun skg mataku sendiri memandang Engkau. Aku menyesal dan duduk di abu. Allah mengampuni Ayub dan menganugerahkan kpdnya 7 anak laki2 dan 3 anak perempuan, serta harta yg berlimpah.

 Lukas (Luk 10: 17-24) mengisahkan bhw ada 70 org murid yg diutus Yesus utk pelayanan. Mrk diberi "kuasa utk menyembuhkan dan mghadapi musuh".  Ketika pulang mrk bercerita:"Tuhan, setan2 pun takluk kpd kami demi namaMu". 

 Yesus kemudian mengajar mrk, katanya "berbahagialah kamu sebab namamu tercatat di surga, dan berbahagilah mata yg melihat apa yg kamu lihat, sebab banyak org ingin melihat, namun tidak melihatnya". 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Pada bagian sebelumnya, diceritakan bhw Ayub kehilangan semua anaknya (laki2 dan perempuan), hartanya, pengawal2nya, bahkan dia mderita sakit kusta. Dlm keadaan spt itu, dia tidak kehilangan imannya, kesabarannya dan ketabahannya. Itulah sebabnya, kini dia mdapatkan anugerah besar dri Allah yg disembah dan diagungkannya. Ayub sama sekali tidak mengenal Yesus, namun teladan hidupnya luar biasa. Bgmn dg diri saya / sdr-sdri masing2 yg telah mengenal dan mdapat teladan dari Yesus, Maria dan para kudus ? 

 2.  Ada 70 org yg dipilih dan diutus Yesus  utk pelayanan. Mrk umumnya org2 dari kampung, atau nelayan, pegawai atau petani atau mrk yg sudah sering mendengarkan ajaran Yesus, tetapi juga ada org2 yg telah mengalami mukjizatNya.  

 Sejak awal, Yesus melibatkan org dari semua kalangan. DIA mpersatukan semua anak Allah. Maka siapa yg mengacau, mcerai-beraikan paguyuban2, kelompok2 kategorial, kelompok doa karena ambisi, egoisme, uang, kuasa, kenikmatan dll sungguh2 melawan rencana Allah. Org2 yg demikian ini, perlu didoakan dan disadarkan.  Marilah kita ingat bhw dalam Yoh 16, Yesus berdoa kpd BapaNya agar para muridNya dan mrk yg percaya kpdNya karena pberitaan mrk, menjadi satu. 

 3. Mrk pulang dg gembira karena setan2 pun takluk kpd mrk, karena / dalam nama Yesus.  Kuasa Yesus begitu sempurna dan kuat, dan "dipakai" oleh para muridNya. Apakah sdr/sdri sudah "memakai kuasa yg diberikan Kristus pd saat menerima KRISMA" ?   Kuasa yg dipakai akan menjadikan iman org itu semakin kuat dan berbuah. Sdgkan klo tidak dipakai, akan mbuat org itu "cengeng" dan minta dikasihani bila mghadapi kesulitan. 

 Marilah kita mengambil keputusan "mulai hari ini" memakai kuasa yg diberikan Yesus kpd sdr/sdri / kita semua. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer