KAUM PEREMPUAN

 RENUNGAN HARIAN 

Tgl 18 Sept 2020

 Dalam 1Kor 15: 12 -15, Paulus menjelaskan kepada umatnya: "Klo Kristus tidak bangkit, sia-sialah kepercayaan kita. Kita adalah org2 yg paling malang. Dan kami adalah pendusta. Namun ternyata Kristus benar2 dibangkitkan sbg yg sulung dr antara org2 yg sdh meninggal". 

 Lukas (Luk 8: 1-3) mewartakan bhw Yesus berkeliling dr kota ke kota dan dr desa ke desa utk mewartakan kerajaan Allah. Kedua belas murid dan bbrp perempuan yg telah disembuhkan (M Magdalena, Yohana dan Suzanna dll) menyertai Dia. 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Klo Kristus tidak bangkit (dibangkitkan) sia-sialah  kepercayaan kita.  Paulus betul2 yakin bhw Kristus adalah jaminannya.  Mengapa dia demikian yakin ?. Karena dia mengalami sendiri "bhw Tuhan Yesus memilih dan memanggil dia utk menjadi muridNya. Hal itu terjadi ketika dia dlm perjalanan ke Damaskus dan melihat cahaya yg begitu menyilaukan. Dia jatuh dr kudanya, dan mdengar suara: "Saulus, Saulus..mengapa kamu menganiaya Aku?".  "Akulah Yesus, org yg kau aniaya itu". 

 Karena peristiwa itu, Paulus bertobat dan menjadi pewarta kabar kebangkitan Yesus.  Ia pergi ke mana2 utk mewartakan bhw Kristus betul2 bangkit dan menjadi jaminan keselamatan umat yg percaya kpdNya..

 Sbg pengikut Yesus, peristiwa2 iman apa saja yg telah anda alami ? ( ketika dibaptis, komuni pertama ?,  menikah, mdapat kunjungan ?, "didoakan ketika sakit", ikut misa, atau mbaca kitab suci ??). 

 Peristiwa itu mengajak / menuntun anda berbuat apa bagi Allah dan sesama ? 

 2.  Yesus berkeliling ke mana-mana utk menjumpai umatNya dan meneguhkan mrk. Bgmn dg anda ?. Sbg pengikut Kristus apakah sdr mau juga mengadakan kunjungan ? Ikut kegiatan lingkungan ?.  Terlibat dalam Dewan Pastoral Paroki atau kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya ?.  Kunjungan2 itu bisa punya arti besar, misalnya: "menemukan kembali / membawa kembali org2 katolik yg pernah kecewa, sakit hati, bingung dan tidak pernah ke gereja lagi". 

 Umat katolik (anda) adalah "gembala" bagi anak2 / rekan kerja / pasangan / rekan sekomunitas / rekan se lingkungan dll.  Tuhan menitipkan kehidupan dan keselamatan mrk kpd anda. 

 Semoga kita semua sadar akan tugas dan kepercayaaan yg diberikan kpd kita, dan siap utk melaksanakannya dg gembira. 

 3. KAUM PEREMPUAN sejak dulu memang turut berperan dalam perkembangan penyebaran kabar keselamatan. Meski ada macam2 aturan yg mbatasi mereka secara adat, hukum dan aturan kemasyarakatan, tokh mereka berani melawan arus.  

 Sampai hari ini, peran kaum perempuan di banyak bidang pelayanan tidak bisa dipungkiri. Maka, pantaslah kita berterima kasih kpd mrk, dan mberikan dukungan serta menyiapkan lagi banyak kaum perempuan, spy "dunia yg mbutuhan sentuhan tangan dan hati kaum perempuan" menjadi dunia yg makin nyaman dihuni oleh setiap org.  AMIN. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer