TIDAK MENUNDA

 RENUNGAN HARIAN

Tgl 26 OKT 2020

 Paulus (Ef 4: 32 - 5:8) menasehati umatnya: Jadilah penurut-penurut Allah, dan hiduplah di dalam kasih.  Tetapi percabulan,  rupa-rupa kecemaran atau keserakahan, kata2 yg sembrono, yg kotor  disebut sajapun jangan,   tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur.

 Janganlah kamu disesatkan orang dg kata-kata yang hampa, karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka Allah. Maka, janganlah kamu berkawan dengan mereka. Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang. 

 Lukas (Luk 13: 10 -17) menulis peristiwa  Yesus yg sedang mengajar di rumah ibadat pada hari Sabat. Di situ ada seorang perempuan yang telah 18 th  dirasuk roh shg ia sakit sampai bungkuk punggungnya. 

  Ketika  melihat perempuan itu Yesus memanggil dia,  meletakkan tanganNya dan seketika itu juga berdirilah perempuan itu, dan memuliakan Allah. 

 Tetapi kepala rumah ibadat gusar, lalu ia berkata kepada orang banyak: "Ada enam hari untuk bekerja. Karena itu datanglah pada salah satu hari itu untuk disembuhkan dan jangan pada hari Sabat." Tetapi Tuhan menjawab dia, kataNya: "Hai orang-orang munafik, bukankah setiap orang di antaramu melepaskan lembunya atau keledainya pada hari Sabat dari kandangnya dan membawanya ke tempat minuman? 

 Bukankah dia ini, yang sudah 18th tahun diikat oleh Iblis, harus dilepaskan dari ikatannya itu, karena ia adalah keturunan Abraham?" 

 Atas hal itu para musuh merasa malu, namun semua orang banyak bersukacita karena segala perkara mulia, yang telah dilakukan Yesus. 

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Paulus menasehati umatnya utk melakukan keutamaan2 dg menjauhkan diri dari percabulan, keserakahan, kata2 kotor dan sembrono, dan mdorong mrk utk mengucap syukur.  Melakukan keutamaan2  setiap hari MESKI TIDAK DILIHAT ORG, dan TIDAK MDAPAT PUJIAN NAMUN DG TULUS akan mbuat hidup lebih tenteram dan damai. 

 2. Akhir2 ini banyak sekali hoax: sdr mdapat undian, pulsa gratis, terpilih sbg pemenang dll YG BISA MBUAT SDR TERLENA DAN KEHILANGAN UANG TABUNGAN, TERTIPU, atau berhutang besar.  "Janganlah berkawan dg mrk" artinya hoax itu LANGSUNG DIHAPUS SAJA. Tidak usah berlama-lama sdr mbiarkan diri tergoda oleh berita2 bohong itu. 

 3. Yesus di rumah ibadat, pd hari Sabat (= hari suci yg dipersembahkan kpd Allah) menyembuhkan org yg sdh 18 th sakit. Yesus TIDAK MENUNDA utk menolong org yg sungguh2 mbutuhkan pertolongan.  Belum tentu, besok atau lusa, Dia  bisa bertemu lagi dg org itu. 

 Hari Sabat (= skg adalah hari minggu) adalah hari kudus bagi Tuhan. Pada saat2 spt itu, dlm Yesus, perbuatan baik (=menolong sesama) boleh dilaksanakan shg org lain mengalami kasih Tuhan secara nyata.  Hendaknya para pangikut Yesus, peka pd kebutuhan sesama...dan TIDAK menunda utk mberikan pertolongan, meski bantuan itu HARUS DILAKSANAKAN PD HARI MINGGU. Amin. ( Mgr.Nico Adi MSC).

Komentar

Postingan Populer