KEHADIRAN ORANGTUA

 RENUNGAN HARIAN

Tgl 1 Okt 2020

 Hari ini adalah hari pesta St Theresia dari Kanak-kanak Yesus. Beliau lahir di Lisieux - Perancis th 1873. Kerinduannya kpd Yesus begitu besar shg dia menyatakan diri "mau menjadi mainan" bagi Kanak-kanak Yesus.

 Dia menjadi suster Karmelites pd umur 15 th  mengikuti jejak ke 4 kakaknya, setelah Paus mengijinkannya. Hidupnya dipersembahkan utk bertobatnya org berdosa, dan utk karya misi dg melakukan pekerjaan2 kecil namun dg kasih yg besar. 

 Tulisan2nya ttg hidup rohani amat dikagumi oleh banyak org dan amat berguna utk mengolah batin dan menuju kesucian hidup. Theresia meninggal dalam usia 24 th. 

 Bagi umat katolik, bulan Okt disebut dan dihayati sbg bulan Rosario. Kerinduan dan kedekatan dg Bunda, mbuat mrk sering bdoa rosario...berziarah dan berpuasa demi pertobatan org2 berdosa. 

 Paulus ( 1Kor 12: 31-13:13 ) menasehati umatnya:"Berusahalah utk mperoleh karunia2 yg utama. Aku menunjukkan kpd jalan yg lebih utama lagi. Sekalipun aku bisa berbicara dlm pelbagai bahasa, punya karunia utk bernubuat, mengetahui segala rahasia, bila tidak mpunyai kasih, sdikitpun tidak ada gunanya bagiku. Cinta kasih tidak bersukacita atas ketidakadilan, ttpi atas apa yg benar". 

 Matius (Mat 18: 1-5) mencatat Yesus yg ditanyai oleh murid2Nya:"Siapakah yg terbesar dlm Kerajaan Surga?".  Sambil menempatkan seorg anak kecil Yesus mjawab:"Jika tidak bertobat dan mjadi spt anak kecil, kalian tdk masuk k dlam kerajaan surga. Siapa yg merendahkan diri, dialah yg tbesar". 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Kerinduan Theresia utk bertemu Yesus terjadi sejak kecil. Ke 4 kakaknya juga telah lebih dulu menjadi suster. Situasi itu menunjukkan bhw peran keluarga besar dan org tua amat penting dalam pembentukan kharakter dan kepribadian seseorang. Juga peran serta kakak, dan saudara dekat bisa turut mperkuat motivasi / cita2 anak itu. 

 Masa kanak2 bukanlah sekedar "waktu yg mengalir spt air" tetapi suatu masa utk menanamkan fondasi utk nilai2 dan keutamaan ttg kehidupan manusia, alam ciptaan dan lingkungan hidup serta Sang Pencipta. Masa kanak2 adalah masa emas...ketika batin anak manusia itu masih polos dan terbuka bagi karunia2 dan kearifan yg amat dia butuhkan. 

 Kehadiran dan bimbingan ortu kpd anak2nya amat penting utk tetap diusahakan. 

 2. Tulisan2 rohani sekecil apa pun ternyata berguna bagi sesama. Maka....tulislah sesuatu yg bernilai... 

 

3.  Paulus amat yakin bhw sekalipun dia punya segalanya dan bisa semuanya, bila tidak punya kasih, semuanya sia-sia. 

 

Upah, hasil kerja, makan minum dll memang dibutuhkan, namun yg lebih dibutuhkan dan mdasar bagi manusia adalah ketenangan, persudaraan, pengorbanan,  pengertian, penghargaan dan komunikasi. 

 

Maka, meski ada upah / imbalan besar,  namun tidak ada kebutuhan yg mdasar itu (=tidak ada kasih) org akan pergi. Mungkin dia pergi dg kecewa.  Hendaknya para pengikut Kristus lebih mengedepankan kasih drpd harta benda. 

 

4.  Bagi Yesus, "yg terbesar di Kerajaan Allah" adalah org yg dekat dg Allah,  bekerja dan melayani dg tulus, siap mengampuni dan memasrahkan semuanya kpdNya. 

 

Marilah kita mohon rahmat kerendahan hati dan kepasrahan. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

Komentar

Postingan Populer