SIAPAKAH DIA ?

 RENUNGAN HARIAN 

Tgl 25 Sept 2020

 Pengkh 3:1-11  mewartakan: 'Utk segala sesuatu ada waktunya, utk apa pun di bawah langit ada masanya. Ada waktu utk lahir dan meninggal, menanam dan mencabut, meratap dan menari, dll. Allah mbuat segala sesuatu indah pada waktunya. Manusia tidak dpt menyelami pekerjaan yg dilakukan Allah". 

 Lukas (Luk 9: 18-22) mewartakan Yesus yg sdg berdoa ditemui oleh murid-Nya. Kemudian Dia bertanya: "Kata org siapakah aku ini ?  Sesudah mrk mberikan jawaban, Yesus menanyai mrk: "Menurut kamu, siapakah Aku ini?".  Jawab Petrus: "Engkaulah Kristus, dari Allah". 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Utk segala sesuatu (= kuasa, jabatan, pelayanan, dan urusan/ kegiatan / pekerjaan) ada waktunya, dan utk apa pun ( politik, sosial, budaya, kesehatan, bisnis dll)  (dan utk siapa pun = manusia, makhluk hidup lainnya yg ada di dunia ini) ada masanya".  Apa, siapa dan utk apa, SEMUANYA ADA BATASNYA. 

 Maka siapkan apa saja (dokumen2 dan laporan2) , dan siapa saja yg dilibatkan (siapkan hatinya, perasaan dan mentalnya), serta siapa saja yg berhak menerima hal2 yg penting utk kehidupan mrk, agar semua hidup aman dan sejahtera. Jangan boroskan / buang2 waktu utk hal2 yg merugikan: mfitnah, korupsi, berbohong, berhutang, ngumbar janji, bikin onar, mabuk, berjudi, dll. 

 Pahala dr Allah akan tiba pada waktunya...sesuai dg rencanaNya. 

 2.  Murid2 tahu TEMPAT DAN WAKTU ketika Yesus sdg berdoa.   Artinya Yesus mberi teladan bhw org beriman itu perlu MENGATUR WAKTU DAN TEMPAT UTK BERDOA.  Mengapa demikian ?  Karena spy bisa bdoa dg baik, memang diperlukan "persiapan batin dan tempat yg tenang".  Meskipun di tengah keramaian org dan di mana saja org bisa berdoa (= di kereta, di kapal, di mobil atau di pesawat dsb), tokh tempat dan waktu yg teratur amat mbantu terciptanya kesiapan batin dan keheningan. 

 3. "Siapakah Aku ini menurut kamu?"... Pertanyaan ini  diarahkan kpd para murid dan skg kpd kita, spy menjadi jelas bhw "mrk / sdr / rekan sdr / saya ikut Yesus itu karena / dg alasan apa ?  

 Karena iming2 / dijanjikan uang atau pekerjaan, atau makanan atau imbalan lainnya ?    Atau karena Pribadi Yesus itu ?  Klo ya karena Yesus, lalu Siapakah Dia bagi sdr / saya ?   

 Petrus menjawab:"Engkaulah Kristus (= Yang Terurapi / Yg Terberkati) dari Allah.   Apakah jawaban sdr ? 

 Semoga jawaban sdr itu, akan menjadi kekuatan dan sumber sukacita sepanjang hidup sdr. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer