PEMENANG

 RENUNGAN HARIAN

Minggu 26 Juli 2020

 Kitab 1 Raj 3: 5.7-12 mengisahkan Raja Salomo yg masih muda dan baru saja menduduki tahtanya. Apa yg dia minta ? Inilah permintaannya: "Berikanlah kpd hambaMu ini hati yg paham utk menghakimi umatMu dan menimbang perkara yg baik dan yg jahat". Tuhan berkenan akan permintaan itu, dan mengabulkannya bahkan mberikan apa yg tidak diminta. 

 Dlm Rom 8: 28-30, Paulus menegaskan bhw Allah turut bekerja utk mdatangkan kebaikan bagi org2 yg mengasihi Dia. Mrk itu akan mengalami banyak karunia dan kelak akan dibenarkan dan dipermuliakan. 

 Mat 13: 44 -52 mceritakan Yesus yg sedang mengajar murid2Nya dg perumpaan, bahwa Kerajaan Allah itu bagaikan harta yg terpendam di ladang,  mutiara yg indah, dan pukat yg sedang dipakai tuntuk menjaring banyak ikan.  Org yg menemukannya akan "menjual semuanya" dan mberi yg ditemukan itu. 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Tuhan menampilkan / mengangkat Raja Salomo, org muda yg tepat permintaannya dan berkenan kpdNya. Org muda bukan berarti "tidak berarti / tidak bermutu" ...ada talenta / karunia yg telah diberikan Allah utk memimpin bangsa yg besar.  Hendaknya,  org2 muda "mengamini karunia2 yg telah dimilikinya" dan melengkapinya dg "hati yg paham akan keadilan, kebaikan dan kebenaran" serta disempurnakan dg praktek2 kehidupan bermasyarakat. 

 Masyarakat, bangsa dan negara, juga umat, lingkungan rohani,  lembaga2, komunitas2 amat membutuhkan org2 muda yg cerdas, visioner dan ulet, setia, bertg jawab, komunikatif dan tahan bantingan serta rendah hati, jujur dan terbuka serta kooperatif. Mereka ini perlu dipersiapkan oleh para pendahulunya.. oleh kita ( orgtua, senior,  pembina dll) yg hidup sekarang ini. Para pendahulu yg tidak menyiapkan penggantinya bisa disebut org2 yg lalai dan penghambat kemajuan. 

 2. Tuhan turut bekerja dlm diri org2 yg mendatangkan kebaikan bagi org2 yg mengasihi Dia.  Dlm realita, jumlah org baik jauh lebih banyak drpd jumlah org jahat. Orang-orang baik itu adalah orang-orang potensial yg dapat menghadirkan kasih karunia yang begitu besar, yang dibutuhkan dunia ini. Saya yakin bhw anda termasuk dlm kalangan org baik. Maka, berbuatlah utk mrk mulai hari ini dan seterusnya, agar keluarga anda, masyarakat, bangsa dan Negara menjadi “surga bagi segenap umat manusia”.

 3. Kerajaan Allah itu bagaikan harta yg terpendam.  Semua yg berharga akan lebih berarti dan dihargai bila dicari dan didapatkan dg kerja keras, ulet dan jujur. Sdgkan bila didapatkan secara gratis, umumnya  pemberian itu cenderung utk diremehkan / dilupakan. 

 Maka, demi kehidupan yg berkualitas dan bernilai tinggi, Tuhan menghendaki bhw yg ditawarkan itu harus dicari dan diusahakan dg gigih, giat dan penuh perhitungan. Manusia ciptaanNya harus "bertaruh nyawa" dan  keluar sbg pemenang, bukan pecundang. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

Komentar

Postingan Populer