MEMBUAT LANGKAH KECIL

 RENUNGAN HARIAN

Tgl 24 Agustus 2020

 PESTA ST BARTOLOMEUS RASUL.  Nama Bartolomeus disebut dalam Injil Mat, Markus dan Lukas, namun di Injil Yohanes disebut Natanael. Siapakah dia itu ? Para ahli KS sepakat bhw Natanael dan Bartolomeus adalah orang yg sama. Dia adalah sahabat karib Filipus, berasal dari Kana dan salah satu dari 12 rasul Yesus. Tidak banyak cerita tentang dia yang tertulis dalam kitab suci. Dia dikomentari Yesus sbg :"Org Israel sejati dan tidak ada kepalsuan padanya". Sbg rasul, dia mewartakan Kristus sampai ke wilayah Timur ( = Armenia ). 

 Dalam Wahyu 21: 9b-14  dilukiskan kota yg kudus, Yerusalem turun dari surga, dari Allah. Kota itu penuh kemuliaan Allah. Temboknya tinggi dan pintu gerbangnya ada 12,  punya 12 batu dasar. Dan di atas batu dasar itu tertulis nama 12 rasul Anak Domba". 

 Dalam Yoh 1: 45-51 diceritakan Filipus setelah bertemu Natanael mengajak dia utk bertemu dg Yesus. Mula2 ia ragu2 dan berkomentar: "Mungkinkah sesuatu yg baik datang dr Nazareth ?".  Filipus menjawab "mari dan lihatlah". Setelah bertemu muka dan mdengar pernyataan Yesus: "Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara", dia betul2 percaya dan mengakui: "Engkau adalah Putera Allah". 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.  Meski dikatakan :"Inilah org Israel sejati" dia tidak menjadikan "sebutan itu" sbg hak istimewa / kartu kunci / kata sandi / "password"  utk merebut perhatian dan simpati dari Yesus. Dia tidak memaklumkan diri sbg org yg harus diutamakan... Dia tidak demo / protes ketika 3 murid yg lain diajak naik gunung, atau berada di dekat Yesus di Taman Getsemani. Dia juga tidak iri hati / memusuhi / mbenci ketiga rasul itu (Petrus, Yohanes dan Yakobus). 

 Bartolomeus amat menyadari bhw semua itu adalah anugerah Allah... bukan karena jasanya.  Para pengikut Yesus hendaknya meniru teladannya, dan bersyukur atas anugerah2 itu. 

 2.  "Di atas batu dasar bangunan kota suci itu, tertulis nama 12 rasul Anak Domba". Allah telah mengatur semuanya utk masing2 rasul.  Tugas, peranan dan pelayanan mrk itu saling melengkapi dan mperkaya serta menyemarakkan Kota Suci itu. 

 Allah yg mpunyai rencana bagi mrk dan bagi kita. Maka, ketaatan pd rencana besar Allah sungguh sangat penting. Bgmn caranya spy kita bisa taat kpdNya ?  Buatlah kebaikan (= tindakan kasih) kpd Tuhan dan sesama secara terus menerus. Langkah kecil itu akan disempurakan Allah sesuai dg rencanaNya. 

 3. Natanael ragu2 ttg Yesus tetapi Yesus tidak ragu2 ttg Natanael. Allah jauh lebih tahu dan bijaksana drpd kita manusia. Dia tidak pernah meragukan kita. Maka, marilah kita yakin dan percaya bhw di dalam Yesus... ada jaminan kehidupan baik skg maupun di surga. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer