AKU MENGALAMINYA

 RENUNGAN HARIAN 

MINGGU, Tgl 23 Agustus 2020

 Dalam Yes 22: 19-23     diwartakan Raja Sebna diberhentikan Allah dari jabatannya sbg raja. Dia digantikan oleh Elyakim sbg org pilihan Allah. Raja baru ini kokoh kekuasaannya dan tidak ada yg dpt menggoyahkan dia.

 Kepada umatnya di Roma ( Rom 11: 33-36 ) Paulus mengingatkan "betapa dalamnya pengetahuan dan kebijaksanaan Allah kpd manusia.  Keputusannya dan jalan2Nya tidak terselidiki oleh siapapun.

 Dalam Mat 16: 13-20 Yesus bertanya kpd murid2Nya: "Menurut pendapat org siapakah Aku ini ?   Mrk mjawab:" Ada yg mengatakan Elia,  atau Yeremia atau Yoh Pembaptis, atau salah seorang nabi". Yesus bertanya lagi: "Menurut kamu, siapakah Aku ini ?"   Simon Petrus mjawab: "Engkaulah Mesias, Anak Allah yg hidup".  Yesus memuji jawaban Petrus, sekaligus melarang murid2 spy tidak cerita kpd siapa pun. 

 Hikmah yg dpat kita petik:

 1. Allah berkuasa utk mengangkat dan menurunkan org dari jabatannya. Penegasan itu menyatakan bhw jabatan itu adalah anugerah Allah. Maka, org2 yg sdg menjabat hendaknya tetap rendah hati, bekerja sungguh2, dan menyiapkan diri utk menyerahkan kembali jabatan itu. 

 2.  Kebijaksanaan dan keputusan Allah sungguh2 tak terselami. Mari kita minta kebijaksanaan itu spy kita bisa menjadi mitra (rekan sekerja) Allah dan makin memahami kehendakNya. 

 3. Pertanyaan: "Menurut kamu siapakah Aku ini" adalah pertanyaan abadi. Pd suatu hari pertanyaan itu akan ditujukan kpd kita. Maka, kita semua digugah utk membangun relasi yg makin akrab dg Dia... melalui doa pribadi, meditasi, bacaan kitab suci, bacaan rohani dll. Setelah diperkaya oleh semuanya itu, silakan mjawab: "siapakah Yesus, bagiku ? 

 Semoga Yesus bagiku bukan hanya sekedar pengetahuan tetapi aku mengalaminya bhw Dia adalah....   Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer