GEMBAR GEMBOR

 RENUNGAN HARIAN

Tgl 8 Sept 2020

 Pesta Kelahiran St Perawan Maria - Bunda Yesus. Pesta ini menunjukkan betapa besar kasih dan hormat Gereja ( umat beriman katolik - kita ) kpd Maria sbg wanita yg punya peranan besar, dalam karya keselamatan Allah.  Tentang hal itu, dapat dijelaskan bahwa  setelah kejatuhan manusia ke dalam dosa, Allah mengutus AnakNya sendiri utk menebus dosa. Utk itu, kerja sama dg manusia dibutuhkan. Allah memilih Maria utk mengandung dan melahirkan Yesus. Paulus dalam suratnya  mewartakan: "Setelah genap waktunya, Allah mengutus AnakNya yg lahir dari seorang perempuan ( Gal 4: 4). 

 Dalam cahaya iman inilah, Gereja perlu menentukan 1 hari khusus ( 8 Sept ) utk merayakan kelahiran Maria.  Menurut sejarahnya, pesta ini mula2 dirayakan di Gereja Timur pd abad ke 6, barulah pd abad ke 7 dirayakan di Gereja Katolik Roma.

 Nabi Mikha ( Mikha 5: 1-4a ) menyampaikan firman Tuhan: "Hai Betlehem di tanah Efrata, engkau yg terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, namun darimu akan lahir bagiKu seorang yg akan memerintah Israel. Ia akan mbiarkan perempuan yg mengandung itu melahirkan, lalu sdr2nya akan kembali ke Israel". 

 Mat 1: 1-16. 18-23 mencatat warta ttg silsilah Yesus dan peristiwa kelahiranNya. "Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham". Dari 42 generasi, disebut di bagian akhir "Matan mperanakkan Yakub, Yakub mperanakkan Yusuf suami Maria yg melahirkan Yesus, yg disebut Kristus. 

 Yusuf mula2 bermaksud meninggalkan Maria, tunangannya karena telah mengandung sebelum mrk hidup sbg suami istri. Namun niat itu batal karena ada pesan dr Malaikat: "Yusuf, janganlah engkau  takut mengambil Maria sbg istrimu, sebab Anak yg di kandungannya adalah dari Roh Kudus". 

 Hikmah yg dpt kita petik:  

 1.  Pesta ini merupakan wujud / tanda nyata dari rasa syukur, terima kasih, hormat dan kasih umat beriman katolik kpd Bunda Maria. Kita mpunyai ibu yg luar biasa dekat dg kita. Sudahkah sdr / sdri mengalami kedekatan pribadi / dari hati ke hati dengan dia ?  Pengalaman iman apa saja yang  telah terjadi dalam kehidupan anda bersama bunda Maria ?

 2. Maria dipilih Allah dg cara yg luar biasa.... utk melahirkan AnakNya ( Yesus ). Tentu Allah telah menyiapkan segala sesuatunya... dipilih perempuan lahir dari keluarga baik2, beriman, penuh rahmat dan terberkati. 

 Atas peran yg begitu besar dan mulia...menerima kabar, mengandung, melahirkan, merawat dan mbina anaknya itu, memberikan penghormatan kpdnya tidaklah berlebihan.  Selain mberikan gelar kpdnya sbg bunda Penebus dan Bunda umat beriman, Gereja juga merayakan hari kelahirannya. 

 Maria tidak meminta dan tidak menuntut gelar / pesta. Umat berimanlah yg merayakannya. Pimpinan Gereja (Paus) menetapkan tgl 8 Sept sebagai hari kelahirannya.  Maria mberikan teladan kpd kita utk TIDAK MENUNTUT  BALAS JASA / UANG / UCAPAN TERIMA KASIH atas pekerjaan atau pelayanan atau sumbangan uang yg telah diberikan.  Bertenang tenanglah. Gak usah gembar gembor. Tuhanlah yg akan mberikan balasan kpd kita. 

 

3. Tuhan punya rencana kepada masing2 ciptaanNya...  maka "jangan takut" utk mengikuti undangan / memenuhi permintaanNya. Dialah yg akan menjamin apa yg dibutuhkan para utusanNya ketika melaksanakan pekerjaanNya, dg tulus, jujur, penuh tggung jawab dan sukacita. Amin. ( Mgr Nico Adi MSC ).

 

Komentar

Postingan Populer