BEKERJA SECARA AKTIF

 RENUNGAN HARIAN

TGL 14 OKT 2020

 Paulus (Gal 5: 18- 25) menasehati umatnya utk hidup dalam Kristus: "Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. 

 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. 

 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh. 

 Buah-buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemah- lembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

 Lukas ( Luk 11: 42- 46 ) mewartakan Yesus yg sedang menegur org2 Farisi dan ahli2 Taurat. "Celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan. Celakalah kamu, sebab kamu suka menerima penghormatan di pasar. Celakalah kamu, sebab kamu sama seperti kubur yang tidak memakai tanda. "Celakalah kamu juga, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu meletakkan beban-beban yang tak terpikul pada orang, tetapi kamu sendiri tidak menyentuh beban itu dengan satu jaripun. 

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Paulus mberikan peneguhan bahwa  karena iman dan permandian kita telah menjadi milik Kristus. Tentu saja, Kristus akan melindungi dan mbantu anak2Nya (= saudara-saudarinya) utk mengalahkan kekuatan dosa dan kegelapan, serta kekuatan hawa nafsu kedagingan. 

 2. Bahwa manusia yg telah dikuasai Roh akan menghasilkan buah-buah Roh, adalah mungkin. Maka, dengan surat / nasehat itu, Paulus pun hendak menyapa dan menguatkan kita, bahwa kita pun bisa menghasilkan buah-buah Roh, bila kita bersedia dibimbing dan terbuka kpd Roh Allah supaya bekerja secara aktif dan efektif dlm diri kita. 

 3. Yesus menegur keras org2 Farisi dan ahli2 Taurat, karena melupakan keadilan dan kasih Allah, menjebak org lain, dan meletakkan beban pd org lain namun tidak pd diri sdiri.  

 Sbg warga masyarakat mrk juga berkewajiban utk melakukan hal yg sama: kerja bakti, mbayar pajak, mberi sumbangan sosial, dll.  Pedomannya adalah yang satu dilakukan tetapi yg lain TIDAK diabaikan.

 Bagi para pengikut Kristus, hendaknya kita semua melakukan sdiri apa yg kita ajarkan,  agar menjadi teladan kebaikan dan kesetiaan serta kepatuhan, bagi sesama kita. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer