HARTA BENDA GEREJA

 RENUNGAN HARIAN 

Tgl 10 Agust 2020

 Hari ini kita merayakan pesta st Laurentius, diakon dan martir. Dia melayani katemuken, org sakit, dan dipercaya oleh Paus Sixtus II sbg pengelola harta benda gereja. Ketika Paus ditangkap oleh Kaisar, ia pun ditangkap dan dipaksa utk menyerahkan harta gereja itu. Laurentius membagikan harta itu kpd kaum miskin, dan ketika tiba waktunya utk menyerahkan harta, dia kumpulkan semua org miskin. Lalu dia katakan kpd kaisar bhw mrk itulah harta gereja.  Maka Kaisar marah besar kpdnya dan menyuruh para algojo utk mbakar dia. Laurentius wafat sbg martir th 258. 

 Dalam 2 Kor 9: 6-20 Paulus mberi nasehat kpd umatnya: 1) yg menabur banyak akan menuai banyak, 2. Mberi dg sukacita akan mdapatkan sukacita yg lebih besar sbg balasannya. Allahlah yg mberikan ganjaran itu. 

 Dalam Yoh 12: 24- 26, Yesus mengajar murid2Nya bhw "siapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini,  akan memeliharanya utk kehidupan kekal. Barang siapa melayani Aku, dia harus mengikuti Aku. Dan di mana pun Aku berada, di situlah dia harus berada". 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. St Laurensius (=diakon dan pengelola harta gereja) mbela benar2 kepentingan Gereja. Dg terus terang org miskin diberinya uang spy bisa hidup layak, dr pada uang (harta) itu diminta penjajah.  

 Hendaknya pengelola harta benda gereja (= keuskupan, paroki, tarekat, lembaga2 katolik) jujur dan gigih mengelolanya demi kehidupan lembaga, karyawan dan pelayanan kpd umat Allah. 

 Tidak jarang uang gereja, tidak dikelola dg baik dan benar, bahkan ada yg diselewengkan oleh pengelola / pemegang kas.  Ketika diminta utk mpertanggungjawabkan / mengembalikan uang itu... dia malah marah atau menghilang. Mari kita meneladan st Laurentius dlm turut serta mengontrol keuangan lembaga. Minta secara periodik, laporan keuangan yg dipercayakan kpd org itu. 

 2. Menabur banyak agar menuai banyak, adalah hukum alam. Yg menjadikan dirinya berbeda dg penabur lain adalah "motivasi, relasi kasih dg bibit yg ditabur, dan kedalaman afeksi selama proses pemeliharaannya. Menabur: kasih, kesetiaan, kejujuran, kemurahan hati, kerelaan, ketulusan, kedisipinan, persahabatan dll kepada sesama, keluarga, komunitas dan masyarakat banyak  dan memelihara dg sukacita, akan menghasilkan buah / panenan yg menggembirakan. Silakan dilaksanakan, dan anda akan mengalaminya.

 3. Banyak pelayan / pegawai yg kerjanya luar biasa mengesankan dan memuaskan. Org2 spt ini bisa bertahan lama bekerja di majikan yg sama.. dan kemudian hidup makmur, dikasihi oleh majikannya, bahkan sdh "diakui sbg saudara".  Kita adalah “hamba” (pelayan) Yesus. Klo semangat dan jiwa yg demikian itu, juga dilakukan kpd Yesus... hari ini -- oleh kita ( saya, dan anda dan para pengikut Yesus) dg kasih yang tulus, saya amat yakin bahwa ketenteraman dan kedamaian, akan terwujud hari ini juga. Mengapa demikian ?   karena…. Tidak ada dusta di antara kita.

 Marilah kita mohon "keberanian utk memulai mengelola harta yg dipercayakan kpd kita oleh ortu, kakak, adik, perkumpulan, komunitas,  lembaga dll, spy menjadi jelas bhw pada jaman now ini ada "santo Laurentius" (orang kudus) yg lahir pada abad 21. Siapakah dia ?  Semoga “andalah / sayalah orangnya”. Amin.  (Mgr Nico Adi MSC).

 

 

Komentar

Postingan Populer