JONI GALA

 RENUNGAN HARIAN 

Tgl 7 Agust 2020

 Nahum 1: 15.2:2.3:1-3.6-7 di atas gunung, org mengabarkan berita damai sejahtera. Tidak akan ada lagi serangan dari org dursila. Tuhan akan memulihkan kebanggaan Yakub. 

 Dalam Mat 16: 24-28, diwartakan sabda Yesus: "Setiap org yg hendak mengikuti Aku harus memikul salibnya. Siapa yg kehilangan nyawanya karena Aku akan menyelamatkannya.  Dlm pengadilan terakhir, Yesus (Anak Manusia) hadir dlm kemuliaanNya, dan akan mbalas setiap org menurut perbuatannya. 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Tuhan menghendaki umatNya hidup dalam damai sejahtera. Itulah yg diwartakan para utusanNya. Mrk yg melakukan tindak kekerasan, perang, pembunuhan dll,  mrk pulalah yg kemudian akan mengalami kehancuran. 

Maka, manusia dan bangsa2 seluruhnya  diundang Allah utk mengusahakan perdamaian bagi sesamanya.  Bisa dikatakan: di mana ada perdamaian (saling pengertian, memaafkan, kerukunan, kebersamaan, persekutuan, ketika org makan bersama) di sana Allah hadir. 

 2. Sabda Yesus: "Siapa yg kehilangan nyawanya, menyelamatkan nyawanya" ... telah banyak kali terwujud di sekitar kita juga. Contoh pertama: Saya kenal banyak pasutri yg telah membimbing anak2nya dan mendidik mrk dg kasih, anak2 mrk itu skg menjadi kebanggaan banyak org. Mrk sopan, bergaul dg banyak org, terlibat dalam menggereja dan masyarakat.  Banyak pembantu RT, sopir, pelayan toko, dll yg berbuat demikian. Mereka adalah orang-orang kecil namun berjiwa besar. Banyak orang besar juga yang telah menunjukkan teladan yang luar biasa.

 Contoh kedua: Seorang anak bernama Yohanis Gala (Joni) siswa kelas I SMP Negeri Sila – Belu, Timor, 2 tahun yang lalu mendadak viral di media social. Apa yang terjadi ? Dia berani naik tiang bendera spy bendera merah putih yang talinya putus dan tersangkut, bisa berkibar dg megah pd saat upacara bendera 17 Agustus 2018. Atas jasanya itu, dia telah mendapat penghargaan yg luar biasa. Pengorbanannya (melupakan nyawanya sdiri dg memanjat tiang yg kecil dan tinggi) dibalas Pemerintah dan banyak lembaga dg hadiah rumah, beasiswa, sepeda dll. 

 Marilah kita berusaha menambah jumlah org2 yg berjiwa besar dan berani berkorban bagi sesama, bangsa, negara agar masyarakat dan bangsa kita hidup dalam damai sejahtera.

 

Komentar

Postingan Populer