SUDAH SIAP ?

 RENUNGAN HARIAN

Tgl 21 Okt 2020

 Dalam Ef 3: 2-12 Paulus menjelaskan bhw dia mdpat kasih karunia Allah utk mberitakan Injil kpd bangsa2 bukan Yahudi. "Dahulu rahasia Kristus tidak diwartakan kpd umat manusia, tetapi skg diberitakan oleh Roh kpd para rasul dan nabi2 Nya yg kudus. Berkat pewartaan Injil, org2 bukan Yahudi turut menjadi ahli waris, anggota Tubuh Kristus, dan mperoleh janji Kristus. Di dalam Kristus, manusia mdapat jalan masuk utk mghadap Allah Bapa". 

 Lukas ( Luk 12: 39-48) mewartakan ajaran Yesus. Sabda Yesus:"Klo tahu jam brp pencuri akan dtg, tuan rumah pasti siap menjaga rumahnya spy tidak dibongkar. Hendaklah kamu siap sedia, karena Anak Manusia akan dtg secara tiba2. Berbahagialah hamba yg didapati tuannya sdg melakukan tugasnya. Tuan itu akan mengangkat dia sbg pengawas segala miliknya. Sebaliknya hamba yg tidak melakukan kehendak tuannya, akan menerima banyak pukulan". 

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Paulus amat yakin bhw dia mdapat kasih karunia Allah utk mewartakan Injil kpd bangsa2 bukan Yahudi. Keyakinan spt ini amat penting dan merupakan modal / kekuatan mental dan moral bagi pewarta utk meyakinkan org lain.  Keyakinan itu akan makin tumbuh dan berkembang karena berdasar pada pengalaman2 iman akan Kristus dari org itu sdiri. 

 Buku pelajaran agama / katekese ttg Kristus, Roh Kudus, Maria dan para kudus, sudah banyak, dan amat membantu utk menambah pengetahuan iman.  Namun yg jauh lebih penting adalah teladan hidup sbg org beriman, karena telah mengalami kasih Tuhan dan dekat dg Dia. Pd saat ini, giliran sdr (=kita) utk mberikan kesaksian iman dg keyakinan yg teguh kpd sesama ( anak cucu, rekan sekomunitas, rekan kerja dll). 

 2.  Paulus diutus kpd bangsa2 bukan Yahudi. Sdr diutus kpd siapa ?  

 3.  Anak Manusia (=Yesus) akan dtg secara tiba2... dan memanggil sdr.  Apakah sdr sudah siap ?   Smp hari ini, apa saja yg sudah sdr siapkan ?  Bukan harta, asset, jabatan dan gelar yg Dia minta... tetapi diri sdr (=pribadi sdr). Berbahagialah sdr (=kita) yg didapati sdg "melayani org sakit, memasak di rumah, mencuci, bekerja, berdoa / mdoakan sesama, menjalankan tugas dg setia". Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer