IGNATIUS DE LOYOLA

 RENUNGAN HARIAN 

TGL 31 Juli 2020

 Hari ini kita mperingati st Ignasius dari Loyola. Beliau adalah mantan militer, yg ketika terbaring di rumah sakit, menemukan panggilan Kristus utk menjadi "tentaraNya". Kemudian, ketika sudah sembuh dia mundur dari dinas kemiliteran, dan menjadi imam. Dia berjuang keras utk memajukan bidang pendidikan. Semboyannya: "Demi kemuliaan Tuhan yg lebih besar". 

 Dalam 1Kor 10: 31 - 11: 1 Paulus menasehati umatnya: 1. melakukan segala sesuatu demi kemuliaan Tuhan, 2. tidak menjadi batu sandungan, 3. berusaha utk menyenangkan sesama, 4. ajakan utk menjadi pengikut Kristus. 

 Dalam Mat 5: 13- 19, Yesus bhw umatNya adalah garam dunia. Dg daya asinnya, mrk bisa mengawetkan / melestarikan sabda Tuhan. Mrk adalah terang dunia, yg mbuat ciptaan Tuhan "bercahaya". Diwartakan pula bhw Yesus dtg bukan utk mbatalkan hukum Taurat tetapi hendak menggenapinya. 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Yesus mengajak murid2Nya utk menjadi garam... artinya meleburkan dirinya dlm apa yg ada, tanpa kehilangan "asinnya" (jati dirinya).  Garam betul2 larut tetapi tidak hanyut (hilang identitasnya). Hendaknya kita bergaul / berelasi dg banyak org agar kualitas hidup dan iman kita mbantu org lain utk bertemu Allah dan membaharui hidup mrk. 

 2. Terang meski kecil tetap ada pengaruhnya yaitu dpt mbantu org utk melihat sesuatu, menuntun org yg berjalan dlm kegelapan. Hendaknya pengikut Kristus punya pengaruh yg baik, mengantar org pd jalan (cara hidup) yg benar: jujur, tulus, suka menolong, memaafkan, sopan, ramah, peka dll. 

 3.  Ajakan Paulus dlm surat kpd umatnya agar kerja dg giat bekerja demi Kemuliaan Tuhan dan kebahagiaan sesama, serta tidak menjadi batu sandungan.. bisa kita laksanakan. Dasarnya adalah mau mbalas kasih Tuhan, karena Tuhan lebih dulu mencintai kita tanpa syarat.

 4. St Ignasius dulu adalah tentara, kemudian pindah haluan "menjadi tentara Kristus" karena Tuhan lebih dulu mengasihi dia. Semangatnya tidak luntur karena kasih Allah itu dia jawab dg suatu kesungguhan (tekad baja). Bagi dia, Allah adalah Pokok Keselamatan yg tidak bisa digantikan oleh siapapun. Semoga kita pun memilih Allah sbg Pokok Keselamatan Abadi, dan tidak akan digantikan oleh siapa pun atau benda apa pun. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer