MENDOAKAN KITA

 RENUNGAN HARIAN

Tgl 16 Sept 2020

 Peringatan st Kornelius dan Siprianus - Martir. 

 Kornelius terpilih menjadi Paus ketika keadaan Gereja di Roma sedang kacau. Kaisar ikut campur tangan dlm urusan gereja, banyak imam2 yg hidup tidak baik dan banyak umat yg murtad. Novatianus dg tegas menolak utk menerima kembali mrk yg murtad, sdgkan Paus dan Para Uskup dlm Konsili menegaskan menerima kembali mrk yg bertobat itu. Ajaran Novatianus ditolak dan dinyatakan sbg bidaah. Dlm penganiayaan Kornelius wafat sbg martir th 253. 

 Siprianus adalah Uskup Kartago - Afrika utara. Dia adalah sahabat dekat Paus Kornelius.  Dlm penganiayaan, dia gugur sbg martir th 258. Ia ahli kitab suci, ttg Bapa-bapa Gereja dan mberikan keterangan ttg doa Bapa Kami. 

 Paulus dalam 2Kor 4: 7-15 menegaskan: "Harta ini kami punyai dlm bejana tanah liat, spy nyata bhw kekuatan ini berasal dari Allah, bukan dr kami.  Kami ditindas, habis akal, dianiaya, dihempaskan namun tidak binasa.  Kami percaya bhw Dia yg mbangkitkan Kristus akan mbangkitkan kami bsama Kristus. 

 Yoh 17: 11 b - 19 mewartakan doa Yesus bagi para muridNya:" Bapa yg kudus, peliharalah mereka dlm namaMu, spy mrk menjadi satu sama spt Kita. Aku telah memelihara mrk, menjaga mrk, spy tidak ada 1 pun yg binasa. Aku dtg kpdMu spy penuhlah sukacitaKu di dalam diri mrk.

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.  Di dalam Gereja pernah ada kekalutan dan kekacauan. Kaisar ikut campur dlm urusan Gereja, ada banyak kekeliruan, ada Paus tandingan, ada uskup2 dan imam2 yg keras hati, namun Tuhan tetap membimbing, menguduskan umatNya melalui pimpinan Gereja yg sah (Paus). Maka semua pihak (dari Paus smp ke umat biasa) diajak utk selalu menyucikan dan membaharui diri. Para pembaharu dan pembela kebenaran itu banyak yg wafat sbg martir.. tetapi masih jauh lebih banyak pembela yg wafat demi kebenaran meski TIDAK DINYATAKAN SBG MARTIR. Mrk yg beriman teguh meski berbeda dg kita dan hidup selaras dg imannya  dg kita...di hadapan Allah pantas disebut martir.  Ada banyak org yg telah membuktikan kemartiran dlm hidupnya... meski mrk adalah umat biasa.  Kita pun digugah utk menjadi martir ( saksi iman ) dlm hidup sehari-hari. 

 2.  Harta ini (=hidup kita, talenta, keluarga, sanak saudara, aset, dll) kami miliki dlm bejana tanah liat. Artinya diri manusia itu rapuh, gampang menyeleweng, lalai, menyalahgunakan atau merusakkan apa yg dipercayakan kpdnya. Maka, perlulah minta kekuatan dan bimbingan Allah agar yg dipercayakan itu dipergunakan sesuai dg tujuan yg mulia. 

 3. Yesus mdoakan muridNya.  Marilah kita berterima kasih bhw smp saat ini Dia tetap mdoakan kita. 

 4. Allah Bapa diminta utk memelihara dan menjaga umatNya agar mrk bersatu. Maka, mrk yg menimbulkan perpecahan, mengobarkan perselisihan dan permusuhan sebetulnya melawan rencana kudus dan kehendak Allah. Mrk yg memusuhi sesama dan membunuh (=mengurangi gaji pegawai dg diam2 tanpa kompromi, memecat bawahannya dg seenaknya, mperlakukan sopirnya, kosternya, pbantu RT, pasangannya, kemenakannya dll) betul2 melawan Allah dan hukum kasih yg diperintahkan utk dilakukan umatNya. 

 Marilah kita dg bantuan para martir Kornelius dan Siprianus, dpt hidup sesuai dg hukum kasih: kasih kpd Tuhan dan sesama dg gembira hati. Amin.

 

Komentar

Postingan Populer