BENALU

 RENUNGAN HARIAN 

Tgl 17 Agustus 2020

 Hari ini seluruh warga bangsa memperingati 75 th kemerdekaan bangsa kita. Pantaslah kita panjatkan syukur kepada Tuhan, dan menghaturkan banyak terima kasih kepada para pahlawan bangsa.  Juga patut kita berterima kasih kepada para pemimpin bangsa,  Pemerintah Pusat dan Daerah, Para Pemikir dan Penggerak  pembangunan, di segala bidang di seluruh Indonesia, para rohaniwan-wati, TNI-POLRI,  Dokter, Perawat dan Relawan dan semua pihak yg telah andil dalam pembangunan bangsa ini. Semoga bangsa dan negara ini semakin maju dan makmur, adil dan sejahtera. 

 Dalam Sir 10: 1- 8,  melalui utusanNya, Allah berfirman:"Pemerintah yg bijak menjamin ketertiban dalam masyarakat, dan Pemerintah yg arif adalah pemerintah yg teratur. Di dalam tangan Tuhan terletak kuasa atas bumi, dan Ia mengangkat org atasnya. Pemerintah akan runtuh karena kelaliman, kekerasan dan uang". 

 Petrus mendorong masyarakat utk tunduk kpd pemerintah yg sah, karena mrk dikehendaki Allah.  Mrk juga disemangati utk hidup sbg org yg bebas (jauh) dari cengkeraman nafsu serakah dan kejahatan" (1Petr 2: 13-17). 

 Mat 22: 15-21 menceritakan bhw Yesus dicobai oleh org2 Herodian:"Bolehkah mbayar pajak kpd Kaisar?".  Jawaban Yesus sungguh di luar dugaan mrk: "Berikanlah kpd kaisar apa yg menjadi hak kaisar dan kpd Allah apa yg menjadi hak Allah". 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.  Kemerdekaan (=kemenangan / keberhasilan) itu didapat dg perjuangan yg berat dan pengorbanan ribuan nyawa. Maka, org yg mau enak2 saja dan mdapatkan hasil yg banyak sebetulnya adalah org2 yg tidak akan pernah sukses. Dalam arti tertentu mrk adalah "benalu" keluarga dan masyarakat.

 2. Masyarakat, bangsa dan negara mbutuhkan anak2 bangsa yg berjiwa nasionalis, berkepribadian yg seimbang dan matang,  berdedikasi tinggi,  berintegritas dan jujur serta bekerja keras.  Mrk itu perlu disiapkan dan dibina dg baik sejak dini agar siap memimpin masyarakat yg majemuk. 

 3. Taat dan hormat kpd pemerintah yg baik dan bijaksana, adalah wujud taat dan hormat kpd Allah, karena mrk adalah utusan-utusanNya. Meski mrk dulu waktu sekolah "rankingnya, ketrampilannya, dan fisiknya" di bawah kita,  mrk skg pimpinan kita.  Turut bekerja dg mrk dg penuh semangat adalah wujud dukungan dan kesetiaan kita kpd mrk, dan dalam iman semua itu adalah wujud kepercayaan kpd Penyelenggaraan Ilahi. Allah bekerja dalam diri mrk. 

 4. Allah dan Pemerintah bukan 2 wujud yg dipertentangkan. Keduanya sudah semestinya berjalan bersama-sama. Org2 yg mpertentangkan keduanya sebetulnya adalah org2 usil, mau menjebak / menjatuhkan org lain. Mrk sangat keliru dan gagal, karena mrk berhadapan dg Yesus...Anak Allah yg hidup, yg mengetahui isi hati manusia.

 Marilah kita bersyukur kpd Allah atas kemerdekaan, atas jasa para pendahulu dan pembangun bangsa. Mari kita mohon karunia besar bagi presiden dan jajarannya dan pelbagai pihak yg bekerja keras demi kemajuan bangsa dan negara. Juga bagi keamanan dan kesejahteraan warga bangsa, serta keberhasilan penanganan wabah covid. Amin. (Mgr Nico Adi MSC)

 

Komentar

Postingan Populer