APRESIASI

PEMBACA YANG BUDIMAN

Kata "apresiasi" sudah sering kita dengar. Kata ini mengandung arti "penghargaan atas suatu karya / pemikiran / hasil ciptaan yang baik / istimewa dan bernilai. Apresiasi dapat juga berarti suatu pengakuan atas sesuatu yang bermutu. Sesuatu yang bernilai dan bermutu, tentu amat berguna bagi kehidupan manusia. Dan hal ini, amat membantu manusia untuk mengembangkan diri.

Apresiasi dapat membantu orang lain untuk makin maju dan berkembang, baik secara intelektual, emosional, mental maupun secara spiritual. Hal ini sungguh amat membantu meningkatkan tingkat pengenalan akan diri sendiri, orang lain, alam ciptaan dan Sang Pencipta. Karena itu, mereka yang sejak lahir mendapatkan apresiasi akan mengalami perkembangan hidup yang lebih seimbang, daripada mereka yang lebih sering mengalami kepahitan hidup, penderitaan, dan kurang mendapat dukungan / penghargaan dari sesamanya.

Saya ingin mengutip dan membagikan kepada anda,apresiasi yang disampaikan oleh beberapa rekan MSC kepada konfrater Hans Kwakman MSC, yang telah menulis buku berjudul: "The Charism of Jules Chevalier and the Identity of the Chevalier Family". Saya mengundang anda pula, untuk turut merasakan getaran-getaran yang muncul di dalam batin, ketika anda membaca apresiasi itu:


Pater Hans,
Dua hari lalu sementara musyawarah daerah Manado-Sulawsi Selatan, Kalimantan Timur di Pal III saya sempat membeli bukumu tentang Kharisma Pater Chevalier. Acara harian kemarin pagi biasa saya, ialah perayaan Ekaristi, brevir Laudes dan meditasi. Sesudah Misa, saya langsung mulai membuka bukumu. Begitu terpesona sehingga tiada waktu lagi untuk brevir.Semoga Tuhan mengampuni dosaku. Sangat menarik isinya, sungguh excellent menurut penilaian pater Mark.Di hadapan pastor Sjaak Wagey saya puji bukumu, lantas ke Pal III bagi musyawarah. Kembali di rumah pada malam. Percuma saya mencari bukumu. Ternyata tadi pagi bahwa pastor Sjaak sudah ambil bukumu dan lupa mengembalikannya kepada tempat semula karena terpesona.
Terimakasih Hans atas mutiara itu.

Jan van Paassen msc

Jan, Herman dan para konfrater semua;

Terimakasih Jan dan Herman atas penghargaan dan pujian bagi buku saya "The Charism of Jules Chevalier and the Identity of the Chevalier Family". Penghargaan dan pujian itu, saya teruskan hari ini kepada Pater Chevalier sendiri, pada kesempatan peringatan hari wafatnya.

Sebab apa yang saya telah buat tidak lain adalah menggali harta yang terpendam di dalam tanah Spiritualitas abad ke-19 sebagaimana terungkap dalam tulisan-tulisan P. Chevalier. Dan harta yang ditemukan ialah apa yang sesunggunhnya ingin diwujudkan, apa yang sebenarnya diidamkan oleh Beliau, apa yang sepanjang hidupnya mendorongnya untuk berjuang terus sebagai Pendiri. Dan itulah Karismanya yang serentak adalah Identitas kita sebagai Keluarga Chevalier.

Mewujudkan hal yang sama pada abad ke XXI dan dalam kebudayaan masing-masing, itulah alasan keberadaan dan Misi MSC bersama seluruh Keluarga Chevalier. Kharisma itu adalah hadiah yang indah yang kita telah warisi dari Beliau. Jadi ucapan terimakasih Jan dan Herman saya teruskan kepada Beliau.

Para konfrater yang ingin berkenalan lebih dengan Karisma Chevalier dan ingin memperkuat rasa identitas sendiri sebagai MSC, - bukunya dapat dipesan sama Bpk Frits Supit di Provinsialat. Maaf, masih dalam bahasa Inggris. harap tidak lama lagi menyusul sebuah terjemahan Indonesia.

Hans MSC, Issoudun.
Konfrater kekasih


Apresiasi tadi, dilanjutkan dengan apresiasi yang berikut ini. Di dalamnya terungkap kegembiraan, dan turut berbangga atas "buah karya yang telah terbit dan sampai di tangan mereka" :

Buku dari pater Hans Kwakman dipuji di mana-mana buat isinya. Tetapi juga pantas dipuji penampilannya dengan text design dan typesetting dari pater Vianey Untu MSC.
Barangkali buku ini adalah buku pertama dari Percikan Hati yang akan dibagikan di seluruh dunia, sedangkan barangkali buku dan folder lain tinggal dibaca didalam negeri. Tetapi di mana saja ada msc di dunia ini, buku ini akan dibaca dan menarik karena penampilannya indah, jelas dan gampang dipegang tangan. Kesan saya bahwa buku ini diterbitkan secara profesional dan pantas dibanggakan. .

Konfrater Vianey, selamat dengan terbitanmu internasional pertama dan semoga menyusul lagi produk-produk lain dari Penerbit Percikan Hati.
Salut kepada Vianey dan seluruh stafnya yang dinyatakan lulus summa cum laude..Beda sangat jauh dari penampilan stensilan JvP dulu di STFSP.

Jan van Paassen msc

Dari Australia, sang apresiator yang lain, memberikan tanggapannya:

Konfratres terkasih,
Buku Pater Hans Kwakman berjumlah 120 exmplar tiba dengan selamat di Provincialat Australia tanpa ada kesulitan apapun di customs - immigragi bandara Sydney. Ternyata para konfratres di sini sudah rindu untuk membacanya. Rupanya sudah lama mereka mendengar tentang buku ini karena itu mereka menyambut penuh enthusias tibanya buku ini. Proficiat Pater Hans.

Salam,
Alo


Atas informasi dan apresiasi itu, Sang Penulis buku, memberikan tanggapannya:

Terimakasih Alo, karena promosi buku tentang P. Chevalier dan Keluarga Chevalier di Australia. Ternyata bukan hanya para konfrater Australia, melainkan juga para petugas 'customs' menyambut dengan gembira sebuah berita tentang 'Servus Dei' Jules Chevalier.

Kalau Alo sempat bertemu dengan Kaum Awam Keluarga Chevalier di Australia, bilang saja bahwa buku itu juga ditulis bagi mereka, Kaum Awam, untuk memperkuat kenyataannya bahwa menurut intensi Chevalier sendiri mereka secara penuh termasuk Keluarga Besar Chevalier. .

Salam kepada para konfrater dan kaum awam Chevalier di sana;

Hans Kwakman msc


Apresiasi selain merupakan penghargaan, sebenarnya adalah ungkapan cinta yang tulus. Cinta yang tulus mengajak dan mengarahkan keduanya pada perkembangan pribadi menuju kepada kepenuhan / kedewasaan. Cinta yang tulus ini merupakan kekuatan besar untuk membangun manusia menjadi pribadi yang utuh, kokoh dan dapat diandalkan. Dunia dan manusia jaman sekarang, membutuhkan orang-orang yang demikian.

Komentar

Postingan Populer