MENYAPA

 RENUNGAN HARIAN

TGL 2 AGUSTUS 23

 

Dalam Kel 34: 29-35 dikisahkan: "Ketika Musa turun dari gunung Sinai — dengan membawa dua loh hukum Allah - dia tidak tahu, bahwa kulit mukanya bercahaya karena ia telah berbicara dengan TUHAN. Ketika Harun dan semua orang Israel melihat Musa yg kulit mukanya bercahaya, takutlah mereka utk mendekati dia. Lalu, Musa memanggil mereka. Maka Harun dan semua pemimpin jemaah itu berbalik kepadanya dan Musa berbicara kepada mereka. 

 Sesudah itu mendekatlah semua orang Israel, lalu disampaikannyalah kepada mereka segala perintah yang diucapkan TUHAN kepadanya di atas gunung Sinai. Setelah Musa selesai berbicara dengan mereka, diselubunginyalah mukanya. Apabila Musa masuk menghadap TUHAN untuk berbicara dengan Dia, ditanggalkannyalah selubung itu sampai ia keluar

Apabila ia keluar dikatakannyalah kepada orang Israel apa yang diperintahkan kepadanya.  Apabila orang Israel melihat muka Musa, bahwa kulit muka Musa bercahaya, Musa menyelubungi mukanya kembali sampai ia masuk menghadap untuk berbicara dengan TUHAN. 

 

Matius dalam injilnya (13: 44-46) mewartakan sabda Yesus: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Karena sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu. Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu."

 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Wajah Musa bercahaya ketika membawa 2 loh hukum Tuhan, dan waktu secara langsung berbicara dg umatnya setelah bertemu dg Allah. 

 Melalui tanda itu dinyatakan bahwa Allah hadir dlm diri Musa dan menyampaikan firmanNya utk menyapa mereka. Hendaknya kita percaya bhw Allah menyapa kita melalui para uutusanNya. 

 2. Kerajaan Allah dgn segala kekayaannya haruslah dicari dg sungguh-sungguh dan penuh sangat. 

 Bila diberikan dg cuma-cuma / tanpa pengorbanan, bisa dg mudah disepelekan org. Allah dan kebenaranNya harus direbut dg pengorbanan yg besar. Amin. Mgr Nico Adi MSC.

 

Komentar

Postingan Populer