HARTA KEKAYAAN GEREJA

 RENUNGAN HARIAN

TGL 10 AGUST 23 

 

Hari ini kita memperingati seorang martir yaitu St. Laurensius. Dia adalah salah seorang diakon yg ditugaskan utk membantu Paus Sixtus II, utk mengurus harta benda Gereja. Ketika Paus ditangkap dan dibunuh, Laurentius juga ditangkap dan dipaksa utk menyerahkan seluruh harta itu kepada kaisar. Ia pun mengiyakannya. 

 Ia mengumpulkan org2 miskin dan membagi harta Gereja kpd mereka. Lalu, mereka diserahkan kpd kaisar dg mengatakan "inilah harta kekayaan Gereja". Tindakan itu menyulut kemarahan kaisar shg Laurensius dihukum mati dg cara dipanggang hidup-hidup.

 

Paulus dalam 2Kor 9: 6-10 menyapa umatnya: "Sdr2, camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. Hendaklah kamu masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. 

Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan. Seperti ada tertulis: "Ia membagi-bagikan, Ia memberikan kepada orang miskin, kebenaranNya tetap untuk selamanya." Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu.

 

 Yohanes dalam injilnya (12: 24-26) mewartakan sabda Yesus: "Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah. 

 Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal. Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayanKu akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Laurensius bertindak amat cerdik dan mengagumkan. Dia membagi-bagikan harta milik gereja kepada kaum miskin sebab merekalah harta utama gereja, dan lebih berhak utk mendapatkannya dari pada para penjajah. 

 Tindakan Laurensius itu merupakan ungkapan iman dan kesetiaannya kepada Kristus dan GerejaNya. Semoga kita pun berani bertindak demikian. 

 2. Laurensius telah menyerahkan nyawanya demi Kristus dan umatNya. Apa yg disabdakan Yesus, betul2 dia lakukan. Dg tindakannya itu, dia kini berada bersama Kristus yg diimaninya. Kita percaya bhw st Lauresius juga mendoakan kita agar kita berani utk meneruskan apa yg diteladankan kepada kita. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer