DUA - TIGA ORANG BERDOA

 RENUNGAN HARIAN

TGL 16 AGUSTUS 23 

 

Dalam Ul 34: 1-12 dikisahkan: "Pada waktu akan meninggal, naiklah Musa dari dataran Moab ke atas gunung Nebo, yakni ke atas puncak Pisga, yang di tentangan Yerikho, lalu TUHAN memperlihatkan kepadanya seluruh negeri itu: daerah Gilead sampai ke kota Dan, seluruh Naftali, tanah Efraim dan Manasye, seluruh tanah Yehuda sampai laut sebelah barat, Tanah Negeb dan lembah Yordan, lembah Yerikho, kota pohon korma itu, sampai Zoar. 

 Dan berfirmanlah TUHAN kepadanya: "Inilah negeri yang Kujanjikan dengan sumpah kepada Abraham, Ishak dan Yakub; demikian: Kepada keturunanmulah akan Kuberikan negeri itu. Aku mengizinkan engkau melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi engkau tidak akan menyeberang ke sana." Lalu matilah Musa, hamba TUHAN itu, di sana di tanah Moab, sesuai dengan firman TUHAN. Dan dikuburkanNyalah dia di suatu lembah di tanah Moab, di tentangan Bet-Peor, dan tidak ada orang yang tahu kuburnya sampai hari ini. Musa berumur seratus dua puluh tahun, ketika ia mati; matanya belum kabur dan kekuatannya belum hilang. 

 Orang Israel menangisi Musa di dataran Moab tiga puluh hari lamanya. Dan berakhirlah hari-hari tangis perkabungan karena Musa itu. Yosua bin Nun penuh dengan roh kebijaksanaan, sebab Musa telah meletakkan tangannya ke atasnya. Sebab itu orang Israel mendengarkan dia dan melakukan seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa. 

 Seperti Musa yang dikenal TUHAN dengan berhadapan muka, tidak ada lagi nabi yang bangkit di antara orang Israel, dalam hal segala tanda dan mujizat, yang dilakukannya atas perintah TUHAN di tanah Mesir terhadap Firaun dan terhadap semua pegawainya dan seluruh negerinya, dan dalam hal segala perbuatan kekuasaan dan segala kedahsyatan yang besar yang dilakukan Musa di depan seluruh orang Israel.

 

Matius dalam injilnya (18: 15-20) mewartakan sabda Yesus: "Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali. Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan. Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, sampaikanlah soalnya kepada jemaat. Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai seorang yang tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai. 

 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh BapaKu yang di sorga. Di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam NamaKu, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Musa yg telah bekerja keras utk menuntun dan memimpin bangsanya agar bebas dari perbudakan Mesir, tidak boleh masuk ke tanah terjanji. Dia hanya boleh melihat tanah terjanji dari jauh, sebelum ia mati. Yg melihat dan mendapat tanah terjanji adalah Yoshua.  

 Hendaknya kita siap dan rela utk melepaskan apa yg di depan mata / yg menjadi kerinduan kita. Mungkin kita hanya boleh melihat dari jauh, tetapi tidak mendapatkan / tidak memilikinya. Semoga kita tidak putus asa. 

 2. Org2 yg bersalah / berdosa sebaiknya diberi waktu utk merenung dan bahan utk dicerna, bukan dikucilkan atau dibuang.  

 Semoga kita dijadikan alat oleh Allah utk membagikan kasih / perhatian dan senyum Allah yg tulus kpd mereka. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer