BUKAN OMONG KOSONG

 RENUNGAN HARIAN

TGL 14 AGUSTUS 23

 

Hari ini kita memperingati 1 orang martir: St. Maximilian Kolbe. Dia lahir di Wola - Polandia th 1894. Ketika masih frater dia telah menunjukkan penghormatan dan cintanya kpd Bunda Maria. Dia ditahbiskan sbg imam th 1918. Dia mendirikan beberapa biara di Polansia, Jepang dan India. Ketika Jepang menyerang Polandia, dia ditangkap dan dipenjara. Karena dia merelakan dirinya utk menggantikan Franciszek yg dihukum mati oleh Jepang, dia disuntik mati tgl 14 Agustus 1941 di kamp konsentrasi Auschwitz - Polandia. 

 

 Dalam Keb 3: 1-9 diserukan: "Jiwa orang benar ada di tangan Allah, dan siksaan tiada menimpa mereka. Menurut pandangan orang bodoh mereka mati nampaknya, dan pulang mereka dianggap malapetaka, dan kepergiannya dari kita dipandang sebagai kehancuran, namun mereka berada dalam ketenteraman. 

 Kalaupun mereka disiksa menurut pandangan manusia, harapan mereka penuh kebakaan. Setelah disiksa sebentar mereka menerima anugerah yang besar, sebab Allah hanya menguji mereka, lalu mendapati mereka layak bagi diriNya. Laksana emas dalam dapur api diperiksalah mereka olehNya, lalu diterima bagaikan korban bakaran. Maka pada waktu pembalasan mereka akan bercahaya, dan laksana bunga api berlari-larian di ladang jerami. 

 Mereka akan mengadili para bangsa dan memerintah sekalian rakyat, dan Tuhan berkenan memerintah mereka selama-lamanya. Orang yang telah percaya kepada Allah akan memahami kebenaran, dan yang setia dalam kasih akan tinggal padaNya, sebab kasih setia dan belas kasihan pilihanNya.  

 

 Yohanes dalam injilnya (15: 18-21) mewartakan sabda Yesus: "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, dunia membenci kamu. Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. 

 Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firmanKu, mereka juga akan menuruti perkataanmu. Semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena namaKu, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Maximilian ditangkap dan dipenjara karena menyebarluaskan iman melalui majalah "IMMACULATA" demi kecintaannya kpd bunda Maria. Dia rela mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan nyawa seorang bpk keluarga yg punya tanggungan istri dan anak2. 

 Org yg rela mengorbankan waktunya, tenaganya, pemikirannya, dan apa yg dimilikinya bagi kebaikan dan kehidupan org lain, sebenarnya juga sudah menghidupi semangat kemartiran. 

 2. Yesus bersabda: "Jika mrk menganiaya Aku, mrk juga akan menganiaya kamu". 

 Kata2 itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar terjadi dan akhir2 ini sering terjadi. Maka, hendaknya kita menyadari dan siap utk menerima bhw hal2 yg tidak enak itu akan menimpa kita.Semoga bila hal2 itu terjadi, iman dan harapan kita kpd Allah, justru makan kuat dan mendalam. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer