MENGANTAR ORANG

 RENUNGAN HARIAN

TGL 24 AGUSTUS 23

 Hari ini kita merayakan pesta St. Bartolomeus - rasul. Kata "bartolomeus" berarti anak tolmai (= anak petani). Dalam kehidupan bermasyarakat, dia adalah sahabat Philipus, seorang petani yg berasal dari kota Kana. Di dalam KS dicatat bhw dia adalah org yg jujur dan tulus, bahkan disebut org Israel sejati. 

 

Dalam Why 21: 9b-14 dikisahkan: "Aku, Yohanes, mendengar seorang malaikat Tuhan berkata kepadaku: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba." Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah. Kota itu penuh dengan kemuliaan Allah dan cahayanya sama seperti permata yang paling indah, bagaikan permata yaspis, jernih seperti kristal. 

 Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel. Di sebelah timur terdapat tiga pintu gerbang dan di sebelah utara tiga pintu gerbang dan di sebelah selatan tiga pintu gerbang dan di sebelah barat tiga pintu gerbang. Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu. 

 

Yohanes dalam injilnya (1: 45-51) mewartakan: "Sekali peristiwa, Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret." Tanya Natanael: "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?" Sahut Filipus: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepadaNya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" 

 Tanya Natanael kepada Yesus: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." Kata Natanael: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" Yesus menjawab: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu." Lalu kata Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Bartolomeus dikenal sebagai petani yg jujur dan tulus. Kejujuran dan ketulusannya itu tidak dia gembar-gemborkan tetapi dia lakukan shg menjadi "cap / sebutan" yg melekat pada dirinya. Orang tidak sanksi atas keutamaan itu. 

 Masyarakat dan umat Allah, lembaga2 apa pun membutuhkan org2 yg jujur dan tulus. Apalagi bila dia itu beriman, rajin, bertanggung jawab dan bijaksana dan komunikatif, peduli dan setia, betapa bahagianya org2 yg dilayaninya. Org2 demikian tidak jatuh dari langit, tetapi perlu dibina terus-menerus, yg dimulai dari keluarga. 

 2. Kepada org yg jujur dan tulus, serta percaya kpd Allah dan utusanNya, Yesus menegaskan: "Engkau akan melihat hal-hal yg lebih besar drpd yg sudah dialami. Semoga org2 yg diperkenankan utk mengalami hal itu adalah saudara. 

 Dan semoga seperti Filipus, kita pun mengantar org2 lain kepada Yesus agar mereka juga mendapatkan karunia dan keselamatan Allah. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer