HANYA DUA

 RENUNGAN HARIAN

TGL 11 AGUSTUS 23

 

Hari ini kita memperingati 1 orang kudus yaitu Sr. Clara. Dia lahir di Asisi Italia th 1194. Meski dari keluarga kaya, dia tumbuh sbg gadis yg sederhana. Kekagumannya kpd Fransiskus Asisi membuat dia juga berani meninggalkan segala sesuatu dan mengikuti panggilan Kristus dg hidup miskin. Pada usia 18th, dia masuk biara dg mengenakan jubah kasar sbg tanda kesungguhannya utk mengikuti Kristus. Bersama dg adiknya (Agnes) dan rekan2nya, dia hidup di San Damiano. Mereka itulah cikal bakal tarekat suster2 Klaris. St Clara meninggal tgl 11 Agust 1253. 

 

Dalam Filp 3: 8-14 Paulus menyapa umatnya: "Sdr2, segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus. Aku berharap berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan. 

 Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitanNya dan persekutuan dalam penderitaanNya. Di sana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematianNya, supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati. Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena akupun telah ditangkap oleh Kristus Yesus. 

 Sdr2, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku. Aku berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.  

 

Matius dalam injilnya (19: 27-29) mewartakan: "Pada waktu itu, Petrus berkata kepada Yesus: "Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau. Apakah yang akan kami peroleh?" Kata Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaanNya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel. 

 Dan setiap orang yang karena namaKu meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal.

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. St Clara berani ikut Kristus dg melepaskan semuanya dan hidup dalam kaul kemiskinan, karena teladan Fransiskus Asisi.  

 Teladan / tindakan yg dilakukan seseorang, amat besar dan dahsyat pengaruhnya bagi kaum muda, drpd kata2. Maka, kita digugah utk banyak berbuat baik drpd banyak bicara. 

 2. Meski Yesus menegaskan siapa yg mengikuti Dia akan mendapat banyak saudara dan "imbalan" 100x lipat, semoga kita tidak berpikir-pikir tentang untung rugi ketika ikut Dia. 

 Alasan kita ikut Dia dan berkorban bagi sesama hanya dua, yaitu kerelaan dan kesiapsediaan utk menghantar banyak org kepada Krstus dan mendapat keselamatan. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer