TIDAK PUNYA PENOLONG

 RENUNGAN HARIAN

TGL 11 NOV 2020

 Hari ini adalah hari peringatan org kudus: St Martinus. Ia lahir di Sabaria th 315.  Ketika dalam perjalanan dinas,  pada musim dingin Martinus berjumpa dg seorang pengemis yg kedinginan. Dia memotong mantolnya menjadi 2, dan yg sepotong dia berikan kpd pengemis itu.  Pada malam harinya Yesus menampakkan diri dg memakai mantol separuh yg dia berikan kpd pengemis itu. Dia kemudian mengundurkan diri dari tugas kemiliteran,  menjadi pertama, namun dipilih Paus sbg Uskup Poitiers th 370. 

 Yesaya (Yes 61: 1-3a) mewartakan: " Roh Tuhan ALLAH ada padaku, sebab Dia telah mengurapi aku; dan mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung, untuk mengarunia- kan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar."

 Matius (Mat 25: 31-40) mewartakan:  "Jika Anak Manusia datang dalam kemuliaanNya, Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaanNya. Dia adalah raja. Raja itu berkata kepada mereka yang di sebelah kananNya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh BapaKu, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan.

 Ketika Aku lapar,  haus,  Aku seorang asing, Aku telanjang, Aku sakit, ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku. Maka orang-orang benar itu akan menjawab: Tuhan, kapan kami melihat Engkau lapar atau haus atau sebagai orang asing, atau  sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau? 

 Raja itu akan menjawab mereka:  segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudaraKu yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.  (Mat 25:31,34-40)

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Martinus tidak pernah menyangka bhwa dia akan mdpat tanggapan dari Yesus yg begitu istimewa. Yesus menampakkan diriNya dg memakai mantol pemberiannya. Kita pun diberi waktu, kesempatan dan keberanian utk "menolong / menyelamatkan org miskin / org susah, org sakit dan org tersingkir. Memang tidakan2 spt itu tidak populer... lebih2 bila dilakukan di desa..  Bagi Allah, bukan fasilitasnya yg menentukan "kebaikan dan ketulusan manusia", tetapi motivasi yg diwujudkan dalam perbuatan dan amalnya. 

 2. Yesaya diutus utk mengumpulkan umat Allah dan mewartakan:  "kabar baik, dan Tahun Rahmat Allah sdh datang.   Marilah kita berterima kasih kpd para utusan Allah itu. Semoga mrk tetap sehat dan bersemangat, baik dlm suka dan duka, pd musim hujan pun pd musim panas, dpt hadiah / kunjungan atau tidak,  baik waktu bersukacita maupun saat kecewa. 

 3.  Kapan kami melihat ENGKAU (=Tuhan) sakit, lapar, dlm penjara dan kami tidak mengunjungi Engkau ?  Dia menjawab:"SEGALA SESUATU (= apa saja, di mana saja, harga murah pun ok, yg penting pantas utk diberikan kpd sesama manusia)  yg TIDAK kamu lakukan utk org yg paling hina, ITU TIDAK  KAMU LAKUKAN UTK AKU. 

 Maka, sering2lah berbuat baik. Lebih baik ditipu org miskin, org malas, pengamen (= 100rb, 50rb atau 1 juta) daripada ditipu jutaan / ratusan juta oleh sarjana yg berdasi. Dlm realita.. org diam saja, padahal dirugikan ratusan jita / milyar oleh org2 keren dan kaya. 

 Semoga kita berani berpihak pada org miskin yg sering tidak mpunyai penolong..Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer