MILIK KITA

 RENUNGAN HARIAN 

TGL 26 NOV 2020

 Kitab Wahyu ( Why 18: 1-2.21-23.19:1-3.9a) melukiskan: "Aku,  melihat seorang malaikat turun dari surga.  Ia berseru: "Sudah rubuhlah Babel, kota besar itu, dan ia telah menjadi tempat kediaman roh-roh jahat, semua roh najis ,  segala burung yang najis dan yang dibenci. 

 Seorang malaikat lain yang kuat, mengangkat sebuah batu besar lalu melemparkannya laut: "Demikianlah Babel, kota besar itu, akan dilemparkan ke bawah, dan tidak akan ditemukan lagi. Dan suara kecapi dan penyanyi2,  seruling dan sangkakala, tidak akan kedengaran lagi. Cahaya lampu tidak akan bersinar lagi, dan suara mempelai laki-laki dan  perempuan tidak akan kedengaran lagi. Kemudian aku mendengar suara himpunan besar orang di sorga: "Haleluya! Keselamatan,  kemuliaan dan kekuasaan ada Allah kita, sebab benar dan adil segala penghakimanNya.  Dialah yang telah menghakimi pendosa besar itu, membalaskan darah hamba-hambaNya. 

 Lalu seorang berkata kepadaku: "Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba.  Perkataan ini adalah benar, perkataan-2 dari Allah." 

 Lukas ( Luk 21:20-28 ) mewartakan: "Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-2, ketahuilah, bhw keruntuhannya sudah dekat. Pada waktu itu mrk yang berada di Yudea harus lari ke pegunungan, dan mrk yang ada di kota harus mengungsi, dan mrk yang ada di pedusunan jangan masuk lagi ke kota, sebab itulah masa pembalasan.  

 Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusui bayi, sebab akan datang kesesakan atas seluruh negeri dan atas bangsa ini.  Mrk akan tewas oleh mata pedang dan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa.  Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-2 yang tidak mengenal Allah. 

 Akan ada tanda-2 pada matahari, bulan dan bintang-2, dan di bumi bangsa-2 akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Orang akan mati ketakutan sebab kuasa-kuasa langit akan goncang. 

 Pada waktu itu Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaanNya. Apabila semuanya itu terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat."

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1.  "Kota besar" (=pusat pemerintahan / kerajaan,  pusat kemegahan dunia,  tumpuan harapan dan usaha,  pusat bertemunya bangsa2 dan perdagangan, dll) telah hancur dan menjadi puing2, bahkan ditenggelamkan ke laut. Artinya apa yg ada di dunia ini, meskipun hebat dan gemerlapan, serta menyenangkan hati, ternyata tidak bisa mberikan  keselamatan abadi. Hanya Allah yg menjamin semuanya itu karena Dia adalah Sumber Kehidupan. Di dalam Dia ada Keselamatan, kemuliaan dan kekuasaan. Maka, janganlah kita / sdr menggantungkan seluruh hidup kpd manusia, sebab ketika dia tidak berdaya, dia tidak bisa berbuat apa2. 

 2.  Bagi org yg sudah biasa kerja keras, jujur, mbuat laporan yg rapih dan teratur,  kedatangan pimpinan, pemeriksaan administratif, laporan finansial dll  TIDAK MENAKUTKAN, tetapi hari sukacita, penghargaan dan kenaikan prestasi. 

 Bagi murid / mahasiswa yg rajin dan berprestasi, pelatihan, penelitian, dan ujian adalah saat penting dan bergengsi. Melalui peristiwa2 itu, dia berkembang dan dimuliakan. 

 Begitu pula,  DALAM HAL IMAN DAN KESELAMATAN,  bagi yg tidak siap, hari kedatangan Tuhan dirasakan sbg hari yg mengerikan, tetapi bagi mrk yg siap, hari itu adalah hari bahagia. Maka, dlm Injil dikatakan: "Pd waktu Anak Manusia datang, angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat". 

Hendaknya, kita / sdr berusaha agar selalu siap shg hari bahagia itu menjadi milik kita. Amin.

Komentar

Postingan Populer