PEMBANTU RUMAH TANGGA

 RENUNGAN HARIAN

Tgl 2 Nov 2020

 Hari ini adalah hari peringatan arwah semua org beriman. Kita mdoakan mrk semua agar dg bantuan doa2 kita, mrk bebas dari hukuman atas dosa dan berbahagia bersama Allah. 

 Dalam 2 Mak  12: 43-46 diwartakan: Yudas Makabe

mengumpulkan uang,  dari pasukannya. Lebih kurang dua ribu dirham perak dikirimkannya ke Yerusalem untuk mempersembahkan korban penghapus dosa. Ini sungguh suatu perbuatan yang sangat baik dan tepat, oleh karena Yudas memikirkan kebangkitan. Sebab jika tidak menaruh harapan bahwa orang-orang yang gugur itu akan bangkit, niscaya percuma dan hampalah mendoakan orang-orang mati. Lagipula Yudas ingat bahwa tersedialah pahala yang amat indah bagi sekalian orang yang meninggal dengan saleh. Maka disuruhnyalah mrk mengadakan korban penebus salah untuk semua orang yang sudah mati itu, supaya mereka dilepaskan dari dosa mereka. (2Mak 12:43-45)

Paulus dlm suratnya (1Kor 15: 12-36) menegaskan: "Bahwa Kristus dibangkitkan dari antara orang mati, namun ada org yang mengatakan, bahwa tidak ada kebangkitan orang mati.  Kalau tidak ada kebangkitan orang mati, Kristus juga tidak dibangkitkan. Jika Kristus tidak dibangkitkan, sia-sialah pemberitaan kami dan juga kepercayaan kamu. Yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal. 

 Yohanes (Yoh 6: 37-40) mewartakan sabda Yesus: 

"Semua yang diberikan Bapa kepadaKu akan datang kepadaKu, dan barangsiapa datang kepadaKu, ia tidak akan Kubuang.  Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendakKu, tetapi kehendak Dia yang telah mengutus Aku,  yaitu spy semua yang telah diberikanNya kepadaKu jangan ada yang hilang, tetapi Kubangkitkan pd akhir jaman".

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.  Kepercayaan umat akan kebangkitan sdh ada sejak ribuan tahun sebelum Kristus lahir. Yudas Makabe menunjukkan imannya dg menyerahkan "sejumlah uang" sbg simbol penyesalan atas dosa dan mohon pengampunan, shg layak utk menerima pahala yg indah. 

 2.  Paulus menegaskan bhw Yesus dibangkitkan sbg yg sulung. Karena kebangkitan Kristus itulah, iman kita kpdNya tidak sia-sia. Kristus sbg yg sulung... berarti ada yg kedua, ketiga dst. Pd suatu hari giliran kita  utk dibangkitkan. Kita mdapat urutan / giliran ke berapa TIDAK PENTING, yg PALING PENTING adalah BERIMAN KPDNYA, MEWUJUDKAN IMAN ITU DALAM PERBUATAN DG TULUS DAN IKHLAS karena kasih sebab ALLAH SUDAH LEBIH DULU MENGASIHI KITA melalui sesama kita. 

 3. Yesus bersabda: "Semua yang diberikan Bapa kepadaKu akan datang kepadaKu, dan barangsiapa datang kepadaKu, ia tidak akan Kubuang.  Betapa berharganya kita, sehingga diperkenankan datang kepadaNya, dan bersama Dia (=tidak akan dibuang).  Klo kita diperlakukan demikian oleh Allah, bgmn perlakuan kita kpd sesama, khususnya: pembantu RT, tukang kebun, tkg parkir, org cacat, org miskin, mrk yg tinggal di kolong2 jembatan, tkg ojek, tukang sayur dll. 

 Semoga kita lebih mau peduli kpd mereka, dan TIDAK dg mudah mengatakan MEREKA MALAS. Amin. (Mgr Nico Adi MSC). 

Komentar

Postingan Populer