RELA MEMBERI

 RENUNGAN HARIAN

TGL 12 NOV 2020

 Hari ini kita mperingati org kudus: st Yosafat. Pada waktu itu, nama yg berbeda, liturgi yg asing, perbedaan politik mberi kesan bhw Gereja Timur itu adalah Gereja yg khas. Yosafat, rahib dari Vilna, selama hidupnya berusaha agar hubungan Grj Barat dan Grj Timur tetap erat. Biara2 didirikan utk menyangga keutuhan itu. th 1618 dia diangkat menjadi uskup Polots. Lawan2nya iri hati atas keberhasilannya. Dlm perjalanan melayani umat dia dibunuh. 

 Paulus menasehati umatnya: "Hendak hidupmu sebagai orang-2 yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu. Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera. 

 Kepada kita masing-2 telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus. Dialah yang memberikan rasul-2, nabi-2, pemberita-2 Injil,  gembala-2 dan pengajar-2, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan dan pembangunan tubuh Kristus. 

 Yohanes ( Yoh 17: 20 -26) menulis doa Yesus bagi murid2Nya:  Aku berdoa utk mrk, dan untuk orang-2, yang percaya kepadaKu oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita.

 Aku telah memberikan kemuliaan, yang Engkau berikan kepadaKu, spy mrk menjadi satu, sama seperti Kita,  agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

  Aku telah memberitahukan namaMu kepada mereka supaya kasih yang Engkau berikan kepadaKu ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka." 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.  Yosafat telah menjadi jembatan (= penghubung) antara tradisi / budaya / kerangka berpikir Grj Timur dan Grj Barat: ttg nama, model, hiasan dan pengertian2, liturgi, gambar2 asing dsb.  Kita mbutuhkan org2 yg bpengalaman dan bsedia menjadi "jembatan kehidupan" bagi banyak org. 

 2.  Paulus mdesak umatnya utk "menunjukkan "kasih dlm hal saling mbantu"...   mengapa ditekankan demikian ?   Karena manusia (=sdr / kita) rupanya gampang tersinggung, iri hati kurang sabar dan bersaing, drpd murah hati, pengertian, dialog, mdengarkan dll.  Hendaknya umat Allah  lebih rela mberi. 

 3. Yesus mdoakan murid2Nya agar mrk menjadi satu,  tahu bhw mrk dikasihi Bapa. Mrk tidak mengerti bhw setelah didoakan dan diberi kekuatan, mrk diutus utk mewartakan kabar baik.  Semoga bersama Yesus, para gembala mdoakan domba2nya agar mrk masuk ke surga. Amin. ( Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer