JUMAT PERTAMA

 RENUNGAN HARIAN 

TGL 6 Nov 2020

 Hari ini adalah hari jumat pertama dlm bln Nov.  Banyak umat mberikan perhatian khusus pd hari jumat pertama, karena dikaitkan dg doa2 dan persembahan diri kepada Hati Kudus Yesus (HKY). Semoga hari ini, umat manusia mengalami kasih Tuhan melalui HKY. 

 Paulus (Filp 3:17 - 4:1) menasehati umatnya: 

 "Seperti yang telah kerap kali kukatakan kepadamu, dan  kunyatakan pula sekarang sambil menangis, banyak orang yang hidup sbg musuh salib Kristus. Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut,  kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi.

 Kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan  kita menantikan Tuhan Yesus  sbg Juruselamat, yang akan mengubah tubuh kita shg serupa dengan tubuhNya yang mulia. 

 Lukas ( Luk 16: 1-8 ) menulis pengajaran Yesus kpd org banyak:   "Seorg tuan yg kaya memanggil bendaharanya  yg dituduh menghamburkan miliknya: Apakah yang kudengar tentang engkau? Berilah pertanggungan jawab atas urusanmu, sebab engkau tidak boleh lagi bekerja sebagai bendahara. 

 Kata bendahara itu di dalam hatinya: Apa yang harus kubuat? Tuanku memecat aku. Mencangkul aku tidak dapat, mengemis aku malu. 

 Lalu ia memanggil semua orang yang berhutang kpd tuannya satu per satu. Katanya kpd yang pertama: Berapa hutangmu? Jawab orang itu: 100 tempayan minyak. Lalu katanya: Inilah surat hutangmu. Buatlah surat hutang lain: 50 tempayan.

  Kepada yang kedua:  berapa hutangmu? Jawab orang itu: 100 pikul gandum. Katanya lagi: Inilah surat hutangmu, buatlah surat hutang lain: 20 pikul.

 Lalu tuan itu memuji bendahara yang tidak jujur itu, karena ia telah bertindak dengan cerdik.

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.  Hari Jumat Pertama telah dikenal umat selama berabad-abad. Pada penampakan ketiga, th 1674  Yesus menampakkan kemuliaanNya kpd Maria Margaretha Alacoque, dan meminta spy umat menghormati Dia (= Skr Mahakudus dlm monstran:  lambang kemuliaan HatiNya) sbg silih atas dosa2 manusia, dan menyambut komuni sesering mungkin, khususnya pd hari Jumat Pertama setiap bulan. Maka, umat yg ikut Jumat Pertama (= berdoa, bermatiraga, memuji Tuhan, berjaga bsama Dia, mohon ampun, dan menerima komuni) sbtulnya menjawab permintaan Yesus sdiri.... menyambut Dia dlm rupa skr mahakudus, dan mberi silih (=mbayar kerugian) yg ditimbulkan oleh dosa2 umat manusia. 

 2.  Contoh dosa2 manusia telah disebut Paulus: "hidup sbg musuh salib Kristus (= menyembah berhala, berjudi, tindak kekerasan) . Kesudahan mereka ialah kebinasaan (=hidup tidak karuan) , Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi.  Maka, dg kekuatan Allah, hendaknya kita menjauhkan diri dari semua itu. 

 3.  Bendahara itu dipuji karena  dia "tidak gampang menyerah" dan mau bersusah-susah, demi mpertahankan nyawanya (=kehidupannya). Dg "berbuat curang itu", dia masih bisa hidup, masih ada tempat utk berteduh,  "mengalami apa arti kesetiaan, persaudaraan.  Dia juga mengerti apa arti dicintai, disingkirkan, dan diampuni..

 Artinya: bila sdr / kita dlm keadaan terjepit, pakailah apa saja yg bisa digunakan utk menyambung hidup, meski yg digunakan itu milik org lain dan dipakai tanpa ijin, karena hidup / nyawa jauh lebih berharga drpd benda / alat tertentu itu. 

 Semoga kita berani ambil tindakan tertentu, demi nyawa / hidup manusia (= diri sdiri dan org lain). Amin. (Mgr Nico Adi MSC). 

Komentar

Postingan Populer