FOKUS PADA KRISTUS

 RENUNGAN HARIAN 

TGL 13 NOV 2020

 Rasul Yohanes ( 2Yoh 1: 4-9) menasehati umatnya: Aku mendapati, bahwa separuh dari anak-anakmu hidup dlm kebenaran. 

Sekarang aku minta kepadamu, Ibu supaya kita saling mengasihi. Bahwa kamu harus hidup di dalam kasih. 

 Banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia.  Waspadalah. Setiap orang yang tidak tinggal di dalam ajaran Kristus, tetapi yang melangkah keluar dari situ, tidak memiliki Allah.

  Lukas (Luk 17: 26-37) mewartakan Sabda Yesus: "Sama seperti terjadi pada zaman Nuh, demikian pulalah halnya kelak pada hari-hari Anak Manusia. 

 Pada zaman Nuh: mereka makan dan minum, kawin dan dikawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, lalu datanglah air bah dan membinasakan mereka semua. Pada zaman Lot: mereka makan dan minum, membeli dan menjual,  menanam dan membangun. Tetapi pada hari Lot pergi keluar dari Sodom turunlah hujan api dan hujan belerang membinasakan mereka semua.

  Demikianlah halnya kelak pada hari, di mana Anak Manusia menyatakan diriNya. Barangsiapa pada hari itu sedang di atas rumah dan barang-barangnya ada di dalam rumah, janganlah ia turun untuk mengambilnya.  Ingatlah akan isteri Lot!   Siapa yg berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan siapa yg kehilangan nyawanya, ia akan menyelamatkannya". 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.  Yohanes menyatakan separuh dari anak2mu hidup dlm kebenaran. Artinya separuh yg lain, masih amat perlu diperhatikan. Separuh (=50 %)  adalah jumlah yg besar pula. Maka ibu2 dan bapak2... hendaknya mperhatikan anak2 mereka, dg penuh kasih. 

 2. Yohanes juga mengingatkan bhw penyesat2 (= pembawa ajaran sesat /  mengidolakan org2 tertentu / mengikatkan diri pada paham tertentu / mbuat idola2 pribadi) telah ada di mana-mana.   Para orangtua / piko / ketua lingkungan / koordinator apa pun, hendaknya mberi waktu cukup, spy ada dialog dari hati ke hati ( saling curhat..namun tanpa penghakiman/ komemtar, shg org merasa lega utk bercerita). Sesudah itu, bersama-sama memikirkan solusinya. 

 3.  Yesus menyebut pada waktu Anak Manusia (= DiriNya sdiri) datang (=akhir jaman) ada ada kejadian2 yg luar biasa spt yg terjadi pada jaman Nuh, dan Lot.  Yang paling penting adalah a) berjaga-jaga sambil berbuat baik dan bertobat. b) melihat ke arah Yesus...Sang Penebus, spy tidak diganggu oleh kejadian2 masa lalu. 

 Semoga sdr / kita pd saat Yesus datang TIDAK LAGI SIBUK PADA BARANG2 DUNIAWI, TETAPI FOKUS PADA PRIBADI KRISTUS. Mengapa demikian ?  Karena Kristuslah yg akan menganugerahkan  kehidupan kekal kpd kita. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer