JALAN ISTIMEWA

 RENUNGAN HARIAN

TGL.25 NOV 2020

 Hari ini bacaan pertama diambil dari Kitab Wahyu ( Why 15: 1-4): "Aku, Yohanes,  melihat suatu tanda lain di langit, besar dan ajaib: tujuh malaikat dengan tujuh malapetaka terakhir.  Dengan itu berakhirlah murka Allah. Aku juga melihat sesuatu bagaikan lautan kaca bercampur api, dan di tepi lautan kaca itu berdiri mrk yang telah mengalahkan binatang itu dan patungnya dan bilangan namanya. 

 Mrk menyanyikan nyanyian Musa,  dan nyanyian Anak Domba, katanya: "Besar dan ajaib segala pekerjaanMu, ya Tuhan, Allah  Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalanMu, ya Raja segala bangsa! Siapakah yang tidak takut, ya Tuhan, dan tidak memuliakan namaMu? Sebab,  Engkau saja yang kudus.  Semua bangsa akan datang dan sujud menyembah Engkau, sebab telah nyata kebenaran segala penghakimanMu." 

 Lukas ( Luk 21: 12-19) mewartakan apa yg akan terjadi akhir jaman: "Akan terjadi gempa bumi yang dahsyat, penyakit sampar dan kelaparan,  hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit. Tetapi sebelum semuanya itu terjadi kamu akan ditangkap dan dianiaya, diserahkan ke rumah2 ibadat dan penjara-2, dan dihadapkan kepada raja-2 dan penguasa-2 karena namaKu. Hal itu akan menjadi kesempatan bagimu untuk bersaksi. 

 Tetapkanlah di dalam hatimu.  Jangnlah memikirkan lebih dahulu pembelaanmu, sebab Aku akan memberikan kepadamu kata-2 hikmat, shg kamu tidak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu.

 Kamu akan diserahkan juga oleh orang tuamu, sdr2mu, kaum keluargamu dan sahabat-2mu dan beberapa orang di antara kamu akan dibunuh dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena namaKu. Kalau tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu."

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.  Yohanes telah mberitahukan kpd kita apa yg dinubuatkan (= apa yg akan terjadi), yaitu binatang2 buas / kuat dan dahsyat (= kekuatan kejahatan dan dosa) akan musna.  Semua bangsa, suku dan bahasa akan sujud menyembah Sang Anak Domba (=Kristus). Di surga akan ada nyanyian dan pujian kpd Raja segala bangsa, karena adil dan benar segala jalanNya. Maka, marilah kita bersyukur bhw Sang Anak Domba telah menunjukkan jalan istimewa kpd kita, agar kita pun menunjukkan jalan itu kpd sesama. 

 2.  "Sebelum malapetaka yg dahsyat itu terjadi, kamu akan ditangkap dan dianiaya. Hal itu merupakan kesempatan utk bersaksi".   Penangkapan / penganiayaan itu bisa terjadi kapan saja, di mana saja dan oleh siapa saja. Hendaknya kita / sdr siap utk menghadapinya.  Doa2 sederhana telah diajarkan kpd kita: Bapa Kami, Salam Maria, Doa Tobat, Aku Percaya, dan Doa2 lainnya.   Ucapkan doa2 itu,  berkomunikasilah dg Tuhan / Yesus... dan yakinlah Dia akan mdampingi kita / sdr utk mghadapi lawan / pembenci kita. 

 3.  Orgtua, sdr2mu dan keluargamu akan menyerahkan engkau... karena menyangka kita / sdr adalah org2 durhaka, yg melawan tradisi, menyangkal ajaran / agama leluhur, padahal mrk tidak tahu bhw kita memilih jalan istimewa yg ditunjukkan Yesus. Maka, tunjukkan kpd mrk kebaikan, kemurahan hati, pengertian, kesabaran dan pengampunan yg lebih besar kpd mrk.  Dg jalan itu, semoga mrk akan mengakui bhw kita hidup menurut hukum kasih yg diberikan Kristus. Amin. (Mgr Nico Adi MSC). 

Komentar

Postingan Populer