DARI INDONESIA

 RENUNGAN HARIAN

TGL 24 NOV 2020

 Hari ini kita mperingati para martir dari Vietnam: St. Andreas Dung Lac dkk.  Tgl 19 Juni 1988 Paus Johanes Paulus II mengangkat 117 org di Vietnam yg gugur pada abad 19, sbg santo dan santa ( 59 awam, 50 imam dan 8 uskup ). Mrk mengorbankan hidup mrk bukan hanya bagi gereja tetapi juga bagi daerah itu. Di antara mereka ada 2 imam vietnam: Andreas Dung Lac dan Petrus Thi yg saling menguatkan dlm menghadapi siksaan. 

 Dalam Kebijaksanaan ( Kebij 3: 1-9) Tuhan bsabda: "Jiwa orang benar ada di tangan Allah, dan siksaan tiada menimpa mereka. Menurut orang bodoh mereka mati, mengalami malapetaka, dan kepergiannya adalah kehancuran, namun mereka berada dalam ketenteraman. 

 Kalaupun mereka disiksa menurut pandangan manusia, namun harapan mereka penuh kebakaan. Setelah disiksa sebentar mereka menerima anugerah yang besar, sebab Allah hanya menguji mereka, lalu mendapati mereka layak bagiNya. Maka pada waktu pembalasan mereka akan bercahaya, dan laksana bunga api. Orang yang telah percaya pada Allah akan memahami kebenaran, dan yang setia dalam kasih akan tinggal padaNya. 

 Matius (Mat 10: 28- 33) mewartakan sabda Yesus: "Janganlah kamu takut kpd mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah kpd Dia yang berkuasa membinasakan jiwa dan tubuh di dalam neraka.

  Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun tidak seekorpun  akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu. Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.

 Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan BapaKu yang di sorga. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan BapaKu yang di sorga."  

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1.  Ada 117 org di Vietnam yg gugur mbela iman mrk. 59 dari antara mrk adalah kaum awam.   Kaum awam yg tidak belajar teologi, tidak mengikuti retret tahunan atau rekoleksi bulanan, juga tidak sering mbaca kitab suci...bisa juga menjadi org kudus. Hendaknya kaum awam tidak minder / kecil hati karena menjadi santo dan santa bukanlah "hak istimewa" bagi paus, uskup, imam dan biarawan-wati. Banyak dr antara mrk adalah org Vietnam, moga2 pd masa2 mdatang akan muncul juga santo-santa dari Indonesia. 

 2.  Sudah sejak jaman purbakala ada banyak manusia (=bangsa) yg percaya akan adanya hidup kekal. Mrk yg hidup suci akan mdapat ganjaran yaitu berbahagia bersama Allah utk selamanya.  Semoga kita tidak ragu2 akan kehidupan ini, dan tiap hari berusaha utk hidup suci.

 3.  Manusia hanya bisa bunuh tubuh,  namun Allah amat mampu mbunuh tubuh dan mbinasakan roh.  Maka, mestinya manusia lebih takut kpd Allah,  namun dlm realita: manusia lebih takut kpd sesama manusia: karena org2 itu brutal, dan tega menyakiti / menyiksa dg kejam. 

 Sbg org beriman, kita digugah juga utk mpertahankan hidup dan melawan org2 jahat itu. Bila ternyata kalah dan mati,  kita punya harapan bhw kita akan hidup baru bersama Allah. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer