PINTU

 RENUNGAN HARIAN 

TGL 17 NOV 2020

 Kitab Wahyu ( Why 3: 1-6.14-22) mewartakan Yesus ( =Firman yg mpunyai 7 Roh Allah dan 7 Bintang) yg bersabda kpd jemaat di Sardis: "Bangunlah, dan kuatkanlah apa yang sudah hampir mati, sebab pekerjaanmu Aku dapati tidak ada yg sempurna. Bertobatlah dan berjaga-jagalah, karena Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu  kapan Aku tiba-tiba datang kepadamu. 

 Sabda Allah kpd jemaat di Laodikia: "Engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas. Karena engkau suam-2 kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulutKu. Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah! 

 Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suaraKu dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama dg dia, dan ia bersama dg Aku. 

 Lukas (Luk 19: 1-10) menulis peristiwa ini: 

 Pd waktu itu Yesus masuk ke kota Yerikho Di kota itu ada Zakheus, kepala pemungut cukai yang kaya. Ia tidak berhasil melihat Yesus karena ada orang banyak, apalagi badannya pendek. Maka berlarilah ia lalu memanjat pohon ara. Ketika sampai ke tempat itu, Yesus melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu." Zakheus segera turun dan menerima Yesus dengan sukacita. 

 Orang2 lain bersungut-sungut, katanya: "Ia menumpang di rumah orang berdosa." Tetapi Zakheus berdiri dan berkata: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan 4x lipat."

 Kata Yesus: "Hari ini telah terjadi keselamatan atas rumah ini, karena orang inipun anak Abraham. Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang."

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Yohanes menyampaikan pesan Tuhan agar umatNya bangun (=menyadari keadaannya, hidupnya, perilakunya, dan hubungannya dg Tuhan dan sesamanya).  Ternyata tidak ada yg sempurna, dan suam2 kuku (= tidak mantap / tidak kokoh / lemah sbg saksi Kristus). Maka mrk didorong utk bertobat dan hidup suci spy kapan saja Tuhan dtg, mrk sdh siap menyambutNya. 

 2. Tuhan begitu baik dan mengambil inisiatif utk mengetuk "pintu" (= hati, kehidupan, batin, perasaan) yg sering telah terkunci / mengeras / penuh dg karat), agar org menerimaNya, disembuhkan dan dimungkinkan utk hidup dalam kasihNya. 

 3.  Dlm diri Yesus Allah menunjukkan pembelaanNya kpd org berdosa kelas kakap.  Pertobatan org penting (=berpangkat, kelas atas, org kaya) punya pengaruh besar bagi kehidupan masyarakat banyak.  Tidak ada kata terlambat bagi semua org (=org miskin, org kaya / berpangkat / pimpinan lembaga, org tertahbis, biarawan-wati dll), karena Anak Manusia (=Yesus) datang utk mcari dan menyelamatkan yg hilang. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer