144 RIBU

RENUNGAN HARIAN 

TGL 23 NOV 2020

 Yohanes (Why 14: 1-3.4b-5) mewartakan: "Aku melihat  Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama dg Dia 144ribu orang dan di dahi mereka tertulis namaNya dan nama BapaNya. 

 Dan aku mendengar suara dari langit bagaikan desau air bah dan deru guruh yang dahsyat. Dan suara itu seperti bunyi permainan kecapi.  144 ribu org itu menyanyikan suatu lagu baru.  

 Mereka itu tidak mencemarkan dirinya dan  telah mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Di dalam mulut mereka tidak terdapat dusta; mereka tidak bercela. 

 Lukas (Luk 21: 1-4) mewartakan: "Para pemungut cukai dan orang-2 berdosa biasanya datang kepada Yesus untuk mendengarkan Dia. Maka bersungut-sungutlah orang-2 Farisi dan ahli-2 Taurat, katanya: "Ia menerima orang-orang berdosa dan makan bersama-sama dengan mereka." 

 Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini: "Siapakah di antara kamu yang mempunyai 100 ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang 99 ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya?  

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1.  Anak Domba (Yesus) telah ada bsama dg 144ribu org (= suatu jumlah yg amat besar) yg hidupnya tidak bercela. Mrk berasal dari pelbagai suku dan bahasa. Di mulut mrk, tidak ada dusta. Ternyata menjaga mulut itu penting.. bukan hanya ttg menjaga /mengontrol makan dan minum... tetapi juga ttg omongan (=kata2 yg keluar dari mulut kita). Kata2 yg keluar dr  mulut itu mcerminkan karakter org, suasana  dan apa yg ada di dalam hati. Tuhan menggunakan mulut yg kudus utk menyampaikan pesan / rencana keselamatan bagi banyak org / bangsa. Berbahagialah mulut2 yg demikian itu. 

 2.  Para pemungut cukai dsn org2 berdosa datang kpd Yesus utk mdengarkan Dia.  Yesus tidak menolak (= berkenan ) utk didekati. Hendaknya kita / sdr tidak ragu2 utk datang kpdNya meski hati sdg susah, pikiran kacau, hati galau, stress berat atau telah melakukan kesalahan / dosa berat. Mengapa ?  Dia datang utk mcari dan menyelamatkan yg hilang. Marilah kpdKu kamu semua yg letih lesu dan berbeban berat, Aku akan mberikan kelegaan kepadamu (Mat 11: 28). Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

Komentar

Postingan Populer