DIBELA

 RENUNGAN HARIAN 

TGL 10 NOV 20

 Secara nasional, hari ini kita memperingati hari Pahlawan. Pada tanggal 10 November 1945 terjadi perlawanan sengit antara putra-putri Indonesia di bawah pimpinan Bung Tomo dkk melawan tentara sekutu di Surabaya, akibat terbunuhnya Jendral Mallaby.  Meski banyak yg gugur, mrk berhasil memukul mundur musuh. Presiden Sukarno menetapkan tgl 10 Nov sbg hari Pahlawan.

 Secara gerejani hari ini kita mperingati orang kudus: St Leo Agung  (Paus dan Pujangga Gereja). Beliau lahir di Tuscany - Italy dari keluarga bangsawan yg kaya. Sbg Paus, dia banyak menghadapi pergolakan seputar iman dan serangan dari bangsa barbar yg ingin menguasai Roma. Paus dg tegas melawan bidaah (=ajaran sesat): Pelagianisme, Manicheisme, Priscilianisme, dan Monofisitisme. Pada Konsili Kalsedon, dia berhasil memulihkan kembali kesatuan gereja. Beliau wafat tgl 10 Nov 461. 

 Kitab Putra Sirakh (Sir 39: 6-11) mewartakan: "Atas kehendak Tuhan manusia dipenuhi dgn roh pengertian. Ia akan menyatakan kata-2 bijak, dan memuji Tuhan dg doanya.  Ia memperlihatkan ajarannya dan membanggakan Taurat Perjanjian Tuhan. Pengertiannya akan dipuji banyak orang, dan tidak pernah akan lenyap. Kenang-kenangan akan dia tidak akan terhapus, dan namanya akan hidup turun temurun. Kebijaksanaannya akan diceritakan pelbagai bangsa, dan jemaah mewartakan keharuman namanya". 

 Matius (Mat 16: 13-19) menulis: "Setelah tiba di Kaisarea Filipi, Yesus bertanya kepada murid-muridNya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi." 

 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Menurut kamu, siapakah Aku ini?" Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"

  Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan BapaKu yang di sorga. Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaatKu dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga." 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.  Perjuangan rakyat Indonesia utk mpertahankan kemerdekaan yg telah direbut, dan diproklamasikan tgl 17 Agustus 1945,  tetap merupakan tanggung jawab rakyat Indonesia sepanjang masa.  Skg kita  tidak lagi melawan penjajahan fisik oleh bangsa asing, tetapi berjuang melawan monopoli perdagangan, narkoba, perdagangan manusia dll. Juga kita berjuang melawan ketidakadilan dan tindak kekerasan yg dilakukan bangsa / masyarakat Indonesia sdiri. 

 2. Paus Leo telah meletakkan dasar iman yg benar: :Yesus itu sungguh Allah dan sungguh manusia".  Kita yg telah dibela oleh Paus, hendaknya bangga akan iman kita dalam kesatuan gereja katolik.  Jangan  sdr/i mudah digoyahkan dan pindah ke keyakinan lain. Di sisi lain,  kita wajib mdoakan Paus kita skg "dipenuhi Roh Pengertian" agar memimpin gereja kita dan umat manusia, sesuai dg rencana Allah: mbawa damai dan sukacita bagi semua org. 

 3.  Setelah Petrus mberikan jawaban: "Engkaulah Mesias, Anak Allah yg hidup", dia mdapatkan anugerah istimewa. Yesus mpercayakan kepadanya "jemaatNya" dan "kunci Kerajaan Surga".   Kpd org2 yg punya pengenalan pribadi ttg "siapakah Yesus", punya inisiatif, berani bersuara, berani ambil resiko, menunjukkan talenta serta kesiapsediaannya,  Dia mpercayakan "kuasa" (=mberikan mandat) kpdnya. Dia mbutuhkan pribadi2 yg tangguh dan beriman teguh utk meneruskan perutusan yg Dia terima dari BapaNya. 

 Semoga pada hari ini, akan tercurah banyak karunia bagi kita dan banyak org yg siap utk meneruskan tugas perutusan itu. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer