RENUNGAN HARIAN

TGL 27 NOV 2020

 Yohanes (Why 20: 1-4.11-15. 21:1-2) mewartakan: "Aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar. Lalu aku melihat takhta-2 dan mrk yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. 

 Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah dan mereka tidak menyembah binatang itu. Mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama Kristus untuk masa seribu tahun. Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya.

 Aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab dan kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.

 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api. 

 Lukas (Luk 21: 29-33) mberitakan: "Yesus mengatakan perumpamaan ini: "Perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja. Apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kamu tahu bahwa musim panas sudah dekat. Jika hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. 

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataanKu tidak akan berlalu."

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Malaikat atas nama Allah "memegang anak kunci jurang maut". Maut ada dlm kuasanya.  Kita percaya bahwa kasih lebih kuat drpd maut.  Itulah sebabnya, org2 yg telah mengorbankan hidup mrk karena kasih kpd Kristus dan FirmanNya, hidup kembali. Hidup di dunia ini memang akan berakhir, namun mrk akan mdapatkan hidup baru, setelah terbukti bhw nama mrk tertulis dlm buku kehidupan. Artinya selama di dunia ini, mrk hidup dalam dan karena kasih. Hendaknya kita hidup dalam kasih, agar kelak diperkenankan utk mdapatkan hidup bersama Allah.

 2.  Dlm perumpamaan itu, Yesus mengatakan bila pohon ara / pohon apa saja mulai bertunas,  kamu tahu bhw musim panas sudah dekat.  Manusia tahu tanda2 alam, karena mengamati dan benar2 mberi perhatian.  Maka, bila manusia benar2 mberi perhatian kpd Allah dan SabdaNya,  dia juga akan tahu rencana / kehendak Allah.  "Radar rohani dan manusiawinya" bekerja secara sempurna. Marilah kita mohon agar yg rohani dan jasmani dlm diri kita "selaras, seiring, sejalan dan seirama" shg kita menjadi saluran kasih Allah yg  baik dan setia. 

 3.  Langit dan bumi akan berlalu, namun perkataanKu tidak  terlalu. Allah kita adalah Allah yang kekal dr awal mula sampai selama-lamanya. Mengapa demikian ?  Karena Dia adalah Sumber dan Tujuan hidup manusia. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

Komentar

Postingan Populer