MEMUJI

 RENUNGAN HARIAN 

TGL 7 NOV 2020

 Paulus ( Filp 4: 10-19) mengatakan: "Aku sangat bersukacita dalam Tuhan, bahwa akhirnya pikiranmu dan perasaanmu bertumbuh kembali untuk aku. Aku tahu apa itu kekurangan dan apa itu kelimpahan. Namun baik juga perbuatanmu, bahwa kamu telah mengambil bagian dalam kesusahanku. 

 Kamu sendiri tahu juga, ketika aku berangkat dari Makedonia, tidak ada satu jemaatpun yang menghitung hutang dan piutang dengan aku selain  kamu.

 Kini aku berkelimpahan, karena aku telah menerima kirimanmu dari Epafroditus, suatu persembahan yang harum, suatu korban yang disukai dan berkenan kepada Allah.

 Yesus (Luk 16: 9-16) mengajar org banyak: " Ikatlah persahabatan dengan mempergunakan Mamon yang tidak jujur, supaya jika Mamon itu tidak dapat menolong lagi, kamu diterima di dalam kemah abadi." "Barangsiapa setia dalam perkara-2p kecil, ia setia juga dalam perkara-2 besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-2 kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-2 besar. 

 Jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya?

 Klo kamu tidak setia atas harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu? Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Paulus memuji umatnya yg telah bertumbuh dalam rasa solidaritas: "akhirnya pikiran dan perasaanmu bertumbuh kembali utk aku".  Hendaknya umat beriman patut mberikan pujian (peneguhan) atas kemajuan yg dicapai anak didiknya / karyawannya / pembantu / sopir.. tetapi juga kpd pasangannya / rekan sekomunitas / yuniornya dll.

Meneguhkan / mberi pujian sungguh2 punya arti yg besar bagi kehidupan sesama, melampaui nilai uang. 

 2. Jemaat Filipi  mcatat dg teliti semua pengeluaran yg terjadi. Pengeluaran itu harus dibayar oleh Paulus.. dan Paulus melunasinya.  Sesudah mrk makin beriman dan mengenal Kristus, mrk tidak lagi meminta pbayaran tetapi mberikan derma yg cukup utk pelayanan para rasul.

 3. Yesus menasehati para pengikutnya utk teliti dan setia dalam menangani bidang apa saja. Kesetiaan itulah yg akan menjadi bekal dan modal utk meraih kehidupan yg sempurna dan mbahagiakan. Kesetiaan tidak bisa dibeli di toko mana pun, namun bisa dilatihkan setiap hari. 

 3. Seorg hamba tidak bisa mengabdi kpd Allah dan kpd Mamon.  Mamon memang menyenangkan org di dunia ini, namun Allah itu menyenangkan saat ini dan mberikan jaminan kehidupan kekal.  Maka pilihlah Allah. Amin ( Mgr Nico Adi MSC ).

Komentar

Postingan Populer