PENDALAMAN IMAN

 Pembaca yang budiman

 Beberapa minggu yang lalu, tepatnya tgl 5 – 7 Januari 2021, saya diminta untuk memberikan pembekalan kepada calon pengurus DPP di salah satu paroki.  Bahan yang berikan adalah Eklesiologi, Kristologi dan Hukum Gereja tentang Paroki dan Perkawinan.  Setelah setelah presentasi, mereka diberi kesempatan untuk bertanya, dalam acara tanya jawab. 

 Juga kepada mereka, disodorkan beberapa pertanyaan penuntun untuk memberikan evaluasi  (=masukan) sekaligus harapan.   Salah satu peserta menyampaikan masukan dan harapan sbb:

 FH: Materi yg saya butuhkan adalah peneguhan rohani sebagai dasar saya dalam menjawab panggilan.

 Tanggapan saya:

 FH, mungkin maksudnya: panggilan untuk melayani kan ya ??

 Menurut saya, ada beberapa unsur penting untuk melayani yang perlu disiapkan dan dikembangkan:

Ø Jiwa sosial  (suka berteman dan suka menolong)

Ø Gambaran positif tentang pelayanan

Ø Rela / kesediaan utk capek, tangan menjadi kotor,

Ø Mau terlibat

Ø Siap direpoti

Ø Juga yang tidak kalang penting bahkan mendasar adalah “siap disakiti / ditembak dg kata-kata kasar – tidak enak / difitnah dll

 

Agar unsur-unsur penting berkembang dan makin kokoh, PRIBADI ORANG ITU PUN HARUS DIKEMBANGKAN

 

v  Badannya sehat

v Jiwa / psikisnya sehat

v Mentalnya kuat

v Roh ( imannya ) teguh

v Relasi sosialnya kuat

v Sahabatnya banyak

v Pikirannya cerdas

v Bijaksana dalam mengambil keputusan

 

FH: Juga materi tentang JPIC, krn saya di tim Kerja JPIC, dan saya belum mengerti tentang JPIC sama sekali.

 Tanggapan saya:

 Tentu FH sudah paham bahwa JPIC itu singkatan dari Justice and Peace, and Integrated Creation (= Keadilan dan Perdamaian serta Keutuhan Ciptaan).   Tujuan dari Lembaga itu ada membantu agar terjadi keadilan, sehingga kedamaian itu dapat tercapai, seraya memperhatikan keutuhan lingkungan hidup.

 Memperhatikan lingkungan hidup artinya turut menjaga keutuhan, kelestarian sumber daya alam : tanah, air, udara, sungai, tanah pekarangan, hutan, gunung dan tanaman-tanaman serta satwa yang ada di sana. Usaha pelestarian alam, termasuk di dalamnya juga menjaga kebersihan air, udara, laut, sungai dll sehinga makhluk hidup bisa tetap hidup dan lestari.

  

Singkatnya:

 

a.   Manusia diperhatikan dan kembangkan hak-haknya: hak hidup, hak bekerja, hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik, hak untuk bekerja dan mendapatkan perlakuan yang manusiawi, hak untuk mendapatkan upah yang adil dsb.

 

b.   Makhluk hidup ( hewan di darat, ikan-ikan di laut dan satwa di hutan ) perlu dilindungi dan dipelihara dengan baik, supaya anak cucu kita bisa melihat dan menikmati indahnya burung-burung, pelbagai jenis ikan, juga binatang-binatang hutan. 

c. Tanah dan air, sungai dan laut amat diperlukan untuk kehidupan manusia.  Sumber daya alam ini perlu diperhatikan, dirawat dan dilestarikan.  Dengan mengggunakan bom untuk menggusur gunung, alam menjadi rusak dan banyak makhluk hidup dibinasakan. Tindakan menggunakan racun untuk menangkap ikan, supaya hasilnya banyak,  jelas-jelas merusak lingkungan dan membunuh aneka habitat laut (karang, ikan-ikan kecil, biota laut dll).

d. Tindakan membuang racun, sampah, limbah minyak dll tentu merugikan manusia sendiri, dan mahluk hidup lainnya serta mengganggu kesehatan karena bau / asap / aroma yang ditimbulkan juga bisa mengakibatkan penyakit.

e.Tindakan menambang sebanyak-banyaknya dg tidak mempedulikan dampaknya bagi manusia, kerusakan lingkungan:  banjir, tanah longsor, jembatan rusak dll, juga merupakan perhatian dari JPIC.

 Singkatnya Lembaga JPIC:

 v Mengumpulkan data dan fakta tentang kehidupan manusia yang dirugikan / kena dampak dari pembangunan

v Memberikan penyadaran akan hak-hak setiap orang lewat kunjungan, pertemuan keluarga, via zoom dll

v Menyelenggarakan seminar / pelatihan ttg hak azasi, pengembangan kesadaran dan kemampuan untuk meminimalisir kerugian yang diakibatkan pembangunan

v Menyuarakan keadilan kepada pihak-pihak yang merugikan masyarakat

v Memfasilitasi masyrakat agar menjadi agen perubahan ( pembuka suara) bila hak-hak mereka dilanggar

FH: Tentang eklesiologi yg saya pahami :

Gereja begitu kaya akan peneguhan rohani yg bisa saya jadikan dasar untuk saya membangun di atasnya. Saya mendapatkan peneguhan tsb.Yg belum saya pahami: implementasi praktis utk saya lakukan sehari hari dan sbg tim kerja.

Tanggapan saya:

Implemtasinya bisa berdasarkan pada sifat-sifat gereja:

Gereja bersifat satu, kudus, katolik dan apostolik

v Satu:  memupuk dan meningkatkan persatuan / persekutuan di rumah, di lingkungan, di gereja, dan di masyarakat serta di tempat kerja

v Kudus:  memotivasi diri dan melakukan tindakan yang sesuai dengan kebenaran, sehingga orang itu “tidak berdosa”, tidak mudah tersinggung atau marah,  sabar dan rendah hati dalam pelayanan 

v Katolik:  siap terlibat dalam pelbagai kegiatan, bergaul dg banyak golongan, sejauh ada waktu dan kemampuan, tanpa membedakan suku, agama, ras, status sosial,dll

v Apostolik: tetap satu dan searah dgn Paus dan ajaran yang diberikan kepada umatnya  

FH: Tentang Kristologi yg saya pahami : Kristus menjadi dasar yg sekaligus tujuan bagi saya dalam hidup dan dalam tim kerja.Yg belum saya pahami: ingin menyelami Kristus yg lebih mendalam.

 Pendalaman ini bisa dilakukan dengan membaca buku-buku kristologi, atau ikut seminar.  Mengunduh bahan-bahan kristologi dari internet pada saat ini juga dimungkinkan. Bila perlu, pokok-pokok tertentu yang ingin didalami bisa ditanyakan kepada saya.


FH: Metode penyajian yg diharapkan; presentasi, dan dinamika rohani seperti retreat.

     Harapan ini bias disuarakan / diusulkan / diprogramkan oleh paroki.

 Setelah dikenalkan pada ilmu2 tsb, sy menjadi tertarik dan rindu utk mendalami kedua materi tsb.

 -       Mengunduh bahan-bahan itu dari internet, bisa dg mudah didapatkan.  Ketik: kristologi …. Nanti akan muncul bahan2 itu dan tinggal memilih.

 

Tentang JPIC, saya sama sekali belum paham. Saya bingung harus mulai darimana. Mohon saran dari Mgr Niko.

 Tanggapan saya:

 Moga-moga jawaban saya tentang JPIC di atas, memberikan gambaran tentang apa yang bisa dikerjakan.

 Salam

 Mgr Nico Adi MSC

 Semoga tanggapan / informasi tsb berguna bagi anda.

 

Komentar

Postingan Populer