RENUNGAN TENTANG TRITUNGGAL MAHAKUDUS


HARI RAYA TRITUNGGAL MAHAKUDUS

Dalam Kel 34: 4b - 6:8-9  Musa diperintahkan Tuhan utk naik ke gunung Sinai. Di sana Tuhan menampakkan Diri-Nya dlm rupa awan dan berjalan di depan Musa, sbg tanda bahwa Musa mendapat kasih karuniaNya. 

Kepada Nikodemus, Yesus mengatakan:"Begitu besar kasih Allah kpd dunia, shg Dia mengaruniakan AnakNya yang tunggal" (Yoh 3: 16-18)   Anak-Nya yang tunggal itu adalah  DIRI YESUS sendiri.  

Paulus juga menegaskan bahwa "Allah mengutus Anak-Nya yang tunggal untuk menyelamatkan dunia dan bukan utk menghakimi (Kor 13: 11-13). 

Hikmah yg dpt kita petik: 

1.     Allah menampakkan DIRI kpd Musa dalam rupa awan, dan kpd Nikodemus dlm diri YESUS - Anaknya yg tunggal.  Mengapa demikian ? Allah (Bapa) tetap tersembunyi dan menggugah manusia utk tetap rindu bertemu denganNya. Klo semua sdh dibuka,  berarti "tidak ada yg misteri" .... manusia sdh tahu semuanya, mungkin malah ingin menguasaiNya. Dan sesudah dikuasai, DIA dimonopoli atau malah dilecehkan. DIA yg bisa dimonopoli dan dikuasai ...pasti bukan Allah. 

2.     Paulus menyebut: "Siapa yg sehati sepikir, dan hidup dalam damai, akan mendapatkan penyertaan Allah.  Penyertaan Allah itu wujudnya adalah karunia dari Yesus Kristus, kasih Allah dan persekutuan dg Roh Kudus. Allah yg adalah Allah Tritunggal ( Satu Allah 3 Pribadi) itulah yg hadir di dunia ini dan menyertai umatNya. 

3.     Allah Tritunggal hadir utk mberikan kasih karunia. Maka siapa saja yg memberikan kasih kepada sesamanya, sebetulnya menghadirkan Allah Tritunggal. 

4.     Allah tetap misteri bagi manusia sepanjang jaman. Bagaimana terjadinya / asal usulnya Allah Tritunggal TIDAK ADA ORG YG BISA MENJAWAB,  namun Allah sendiri yg menyatakan-Nya. Pernyataan diri Allah, dlm perjanjian baru, tampak dalam peristiwa Malaikat Gabriel yg diutus Allah utk memberikan kabar bhw Maria akan mengandung Anak Allah, oleh kuasa Roh Kudus. Waktu Yesus dibaptis, terdengar suara Allah Bapa, tampak Roh Kudus dalam rupa burung merpati. Semuanya diprakarsai oleh Allah sendiri. 

Manusia tidak mungkin mengupas dan memahami secara terperinci, karena manusia adalah ciptaanNya. Namun berbahagialah manusia yg percaya bhw Allah Tritunggal itu adalah Allah yg mengasihi.

Marilah kita mohon, agar kita tetap percaya kepada Allah kita yang esa, namun tiga Pribadi. Allah kita adalah Allah Tritunggal yang hadir, memberkati dan mencintai kita…dan merindukan kita berkumpul kembali bersama-Nya di surga.

Komentar

Postingan Populer