MARIA BUNDA GEREJA



PEMBACA YANG BUDIMAN

Para pemerhati dan pecinta bunda Maria, membuat 1 gelar lagi utuk beliau agar diperingatai dalam perayaan ekaristi. Itulah sebabnya, ada 1 tanggal yang diberikan kepada bunda kita.  Pada tahun sebelumnya, tgl 1 Juni adalah peringatan santo Yustinus – martir. Saya membagikan renungan saya untuk anda.

PERINGATAN MARIA BUNDA GEREJA 

Dalam Kis 1: 12 - 14  diberitakan  sesudah kembali dari Bukit Zaitun, para rasul tinggal di Yerusalem, bersama dg Maria ibunda Yesus, beberapa perempuan dan saudara2 Yesus. Mereka sehati dan bertekun dalam doa. 

Maria berada di antara para rasul karena Yesus sendiri yg minta di hadapan Yohanes: "ibu, itulah anakmu". Dan kepada Yohanes:" itulah ibumu" (Yoh 19: 25 - 34). Dengan demikian, Maria menjadi bunda para rasul, ibu para murid dan pengikut Yesus, yg berarti pula ibunda kita semua. Itulah sebabnya Maria diberi gelar Bunda Gereja. 

Hikmah yang dapat kita petik: 

1.  Para rasul baik ketika dikunjungi Yesus,  sesudah menjala ikan, maupun sesudah melihat kenaikan Yesus ke surga, kembali ke rumah. Di rumah / di keluarga, dibangun kesehatian, dan ketekunan dalam doa.  Kesehatian, kelemahlembutan, penguasaan diri, ketekunan dlm doa dan pendalaman iman semestinya dibangun di rumah / di komunitas, bukan restoran, di tempat hura2 atau di tempat perjudian dll

2.  Maria hadir di antara murid2 / kaum beriman yg sdh berkumpul dlm keluarga, baik ketika dilanda derita, kebingungan, putus asa, atau pun sedang mengalami sukacita. Maria adalah ibu yg setia menemani dan hadir bersama anak2nya.  Klo kita punya ibu yg sungguh setia, namun pd suatu hari kita tidak setia... sebetulnya apa yg kita cari ?  Jabatan / harta dll memang menyenangkan namun tidak menyelamatkan. Bunda Maria tidak bisa disogok pakai jabatan atau harta benda supaya mengabulkan permohonan kita.

Pada peringatan MARIA BUNDA GEREJA, marilah kita bersyukur kpd Bapa Surgawi dan Yesus, yg telah memberikan ibuNya kpd kita. Pemberian istimewa itu juga merupakan ajakan spy kita meneladan hidup dan kesiapsediaan Maria utk menolong dan berkorban bagi sesama kita.

Komentar

Postingan Populer