BANTU MASYARAKAT LEWAT PROGRAM COMDEV

Pemerintah telah banyak membangun sarana dan prasarana di wilayah Papua pada umumnya, dan di Merauke pada khususnya. Selama ini apa yang dikerjakan Pemerintah nampaknya kurang dilihat apalagi dihargai. Sudah lebih dari 50 tahun pembangunan itu berjalan. Penulis hendak mengangkat hal ini, juga kerja keras pemerintah dalam rangka mengusahakan kesejahteraan masyarakat. Iis menuliskan laporannya:

MERAUKE, ARAFURA,- Plh Manager PT PLN (Persero) Cabang Merauke, Henry D Salamba mengemukakan bahwa PLN memiliki program setiap tahun yang disebut Community Development (Comdev). Melalui programini maka PLN berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat yang bermukim di dekat instalasi listrik milik PLN. Jenis maupun besaran bantuan dinilai cukup lumayan dan setiap tahun pasti diberikan.
Tidak hanya ketika ada peringatan momen-momen penting saja baru bantuan diserahkan namun waktunya tidak menentu, karena yang jelas setiap tahun pasti ada. Belum lama ini pihak pusat juga sudah meminta data tentang jumlah kebutuhan bantuan untuk di Merauke. “Kita sementara menyusun datanya dan sebenarnya tujuan dari program ini, PLN ingin berpartisipasi dalam membantu kehidupan masyarakat,” ujarnya kepada ARAFURA News di ruang kerja belum lama ini.
Dikemukakan, melalui bantuan ini diharapkan juga agar masyarakat yang tinggal di sekitar instalasi listrik dapat membantu menjaga fasilitas tersebut. Adapun jenis bantuan yang diberikan bermacam-macam, misalnya jika di sekitar pemukiman warga yang bersangkutan terdapat sarana ibadah yang perlu dibantu maka hal itulah yang akan dilakukan PLN.
Jadi masyarakat sekitar diminta untuk pro aktif memberitahukan tentang jenis bantuan apa yang sebenarnya dibutuhkan ketika itu. Oleh sebab itu guna memastikan agar bantuan tersebut betul-betul tepat sasaran maka akan ada tim khusus yang langsung melakukan survey ke lapangan.
Sudah cukup banyak bantuan yang diberikan selama ini oleh PLN dan dominan berupa dana maupun barang. Selain itu ada timbal balik dari kesadaran masyarakat dengan ikut menjaga instalasi listrik. Henry menambahkan, khusus untuk wilayah Merauke sendiri sudah cukup banyak instalasi listrik yang berada di dekat pemukiman warga.
Selain dibangun oleh PLN ada juga yang dibantu melalui dana APBN terkait dengan pembangunan jaringan yang merambah hingga ke wilayah distrik. “Selama ini pihak kami mendengar, warga cukup membantu dalam menjaga fasilitas ini karena mereka sadar bahwa semua itu demi penerangan bagi masyarakat. Jika dirusak maka yang rugi warga sendiri karena listrik akan padam,” tukas Henry lagi.(iis,Arafura News, 10 Nov 2010)

Atas nama masyarakat, kami menghaturkan banyak terima kasih kepada Pemerintah, bapak-bapak Kepala Instansi terkait atas jasa dan kerja keras anda, dalam membangun daerah kami ini. Apa yang anda kerjakan, telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, meski imbalan yang anda terima tidak sepadan dengan pengorbanan yang telah anda berikan.

Penerangan masa jaman sekarang ini, sungguh amat dibutuhkan oleh hampir semua lapisan masyarakat, karena tuntutan jaman dan tuntutan administrasi yang menggunakan alat-alat mutahir. Juga bentuk-bentuk bantuan yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat kecil amat berguna bagi mereka. Moga-moga setiap tahun tetap ada bantuan bagi mereka.

Kami percaya bahwa teladan dan pengorbanan anda, akan mengalir dan diteruskan oleh generasi berikutnya yang telah mengalami pengabdian anda, karena pada dasarnya manusia itu dilahirkan dengan hati nurani yang baik dan bersih. Manusia diciptakan segambar dengan Sang Khalik, murah hati dan tulus, yang akan membalas yang baik dan menjauhi yang jahat. Karena itu, melalui tulisan ini, kami mendoakan agar anak-anak anda, selain mengikuti teladan anda, juga akan menerima berkat dari Yang Mahakuasa dan Mahaadil.

Komentar

Postingan Populer