PARA KARTINI DI KABUPATEN SARMI - JAYAPURA

KORAN CENDRAWASIH POS, 26 April 2010 memuat berita :

1000-an Lebih Perempuan Sarmi Putus Sekolah

Sarmi – Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan Pemerintah Kabupaten Sarmi yang juga salah satu tokoh perempuan di Sarmi, Katerina Aweno Amd.Pd, mengatakan, berdasarkan data yang ada di Kantor Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Sarmi diperoleh ada sekitar 1000 lebih kaum perempuan yang masih berusia sekolah putus sekolah.
Dari data inilah nantinya akan didapat solusi apa yang akan dilakukan untuk sedikit banyak menjadi acuan program pemberdayaan perempuan Kabupaten Sarmi.
Ditanya tentang sosok Kartini yang baru saja diperingati, menurutnya sosok Kartini merupakan sosok wanita yang memiliki talenta kecerdasan sosial yang begitu tinggi. Hal ini terbukti dengan tulisan-tulisan R.A. Kartini mengenai nasib kaum wanita pada zamannya. Kartini begitu cerdas membaca zaman.
Sebagai tokoh perempuan di sarmi, dirinya mengharapkan kepada para kaum perempuan untuk berterima kasih kepada sosok R.A. Kartini terutama para kaum perempuan Indonesia sehingga di Indonesia kita saksikan ada Lurah perempuan, Camat perempuan, Bupati perempuan dan menteri.
Inilah bukti-bukti kaum perempuan ingin berkiprah membangun Indonesia ke depan bersama-sama kaum laki-laki. Tentu sesuai dengan keahliannya masing-masing dan tentu juga tidak akan meninggalkan kodrat kewanitaannya.
Dia yang baru mendapatkan sebuah penghargaan dari sebuah Yayasan di Ibukota Jakarta, Yayasan Citra Prestasi Anak Bangsa Award pada tahun 2009 yang lalu dan Ia merupakan satu-satunya wakil Provinsi Papua.

Komentar

Postingan Populer