TERIMA KASIH, BU.

 RENUNGAN HARIAN

TGL 22 DES 20

 Di Tanah air, tgl 22 Des diperingati sbg HARI IBU.  Hari ini menjadi ajakan bagi semua warga bangsa utk mengucapkan terima kasih kpd kaum ibu yg telah mengandung, merawat dan mbesarkan serta mdidik anak2nya. 

Kitab 1Sam 1: 24 - 28 menuturkan: "Setelah Hana menyapih Samuel, dibawanyalah anaknya itu dengan seekor lembu jantan, satu efa tepung dan sebuyung anggur, ke rumah TUHAN di Silo. Waktu itu Samuel masih kecil betul. Setelah menyembelih lembu, mereka mengantarkan anak itu kpd Eli.  

 Kata perempuan itu: "Mohon bicara tuanku. Akulah perempuan yang dahulu berdiri di sini dan berdoa kepada TUHAN. Untuk mendapat anak inilah aku berdoa, dan TUHAN telah memberikan kepadaku, apa yang kuminta. Maka akupun menyerahkannya kepada TUHAN. Seumur hidup terserahlah ia kiranya kepada TUHAN." Lalu sujudlah mereka di sana menyembah TUHAN. 

 Lukas (Luk 1: 46-56) mberitakansetelah bertemu Elisabeth, Maria berkata: "Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hambaNya.

Sesungguhnya, mulai sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-2 besar kepadaku dan namaNya adalah kudus.  RahmatNya turun temurun atas orang yang takut akan Dia. Ia memperlihatkan kuasaNya dengan perbuatan tanganNya dan mencerai beraikan orang-orang yang congkak hatinya. 

Ia menurunkan orang-2 yang berkuasa dari takhtanya dan meninggikan orang-2 yg rendah; Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa.  Ia menolong Israel, hambaNya, karena Ia mengingat rahmatNya, seperti yang dijanjikanNya kepada nenek moyang kita, kepada Abraham dan keturunannya untuk selama-lamanya." Maria tinggal kira-kira tiga bulan lamanya bersama dengan Elisabet, lalu pulang kembali ke rumahnya.

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Mengucapkan terima kasih kpd kaum ibu (terlebih kpd ibu kandung) memang pantas dilakukan. Namun UCAPA TK YG LEBIH MEMBAHAGIAKAN MRK adalah ketika mrk melihat dan mengalami nhw anak2 mrk "hidup baik, damai dan rukun di dalam keluarga, punya banyak sahabat dan turut berperan dlm pembangunan  masyarakat".  

 2. Hana mpersembahkan kpd Tuhan, anak tunggalnya (Samuel) utk menjadi pelayan Tuhan. Menjadi jelas bhw anak adalah MILIK TUHAN, bukan milik pribadinya.  Moga2 keluarga2 masa skg pun tetap ingat bhw anak2 mrk dan apa yg mrk miliki, sebetulnya ada milik Tuhan yg dipercayakan kpd mrk.  Klo demikian, bila Tuhan meminta kembali, hati dan pikiran kita semestinya bisa menerima keputusan Tuhan itu.  

3. Maria mengagungkan Tuhan setelah memasrahkan semuanya kpd bimbingan dan keputusan Allah. Semoga kita pun akan melihat dan mengalami keagungan Tuhan, bila memasrahkan hidup dan keputusan2 penting kita kpdNya. Amin. (Mgr Nico Adi MSC). 

Komentar

Postingan Populer